Tampilan Desktop



Amran Sulaiman Jadikan Konkep Sebagai Kota Kelapa
95 Dibaca

Amran Sulaiman Jadikan Konkep Sebagai Kota KelapaPENINJAUAN – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat meninjau potensi pertanian di salah satu kebun pala milik masyarakat pada Rabu (2/8) dikecamatan wawonii barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (Arjab/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Andi Amran Sulaiman dalam kunjungannya di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (2/8/2017), menegaskan dirinya akan menjadikan daerah itu sebagai kota kelapa dan pala. Hal itu tidak terlepas potensi pulau Wawonii sebagai sentra kelapa dan pala.

“Namanya saja Pulau Wawonii, yang artinya pulau atau bukit kelapa. Karena itu harus kita jadikan Kota Kelapa. Kemudian di Wawonii ini banyak potensi pertanian lainnya seperti pala, masyarakat harus bangun dari tidur panjang untuk bekerja dan bekerja,” kata Amran Sulaiman.

Mentan mengajak masyarakat Wawonii untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah di Indonesia melalui pengembangan potensi pertanian, salah satunya yakni peremajaan 3000 hektar kelapa dan tanaman pala di Konkep.

“Kita dijajah oleh Belanda bukan karena tambang, tapi karena rempah-rempah, jadi kita harus bekerja untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah yang pernah kita miliki. Salah satu daerah yang berpotensi untuk menyumbang demi kejayaan rempah-rempah Indonesia adalah Konawe Kepulauan, tetapi bagaiman ini akan tercapai kalau di Wawonii ini masih banyak lahan dan masyarakat yang tidur,” ujar menteri putra asli Sulawesi Selatan ini.

Demi mengembangkan potensi pertanian yang ada di Wawonii, Amran Sulaiman menjanjikan kepada Pemda Konkep bantuan alat pertanian berupa 1 unit exsapator, 2 unit traktor, 10 unit mesin pompa air dan 3000 hektar bibit peremajaan kelapa dan pala yang ditaksir mencapai angka Rp 16 miliar.

Amran Sulaiman Jadikan Konkep Sebagai Kota Kelapa

Sementara itu, Bupati Konkep Amrullah memaparkan potensi pertanian yang ada di Kokep yakni kelapa seluas 11.561 hektar, cengkeh 722 hektar, kopi 922 hektar, lada 280 hektar, kakao 3.510 hektar jambu mete 5.366 hektar, kemiri 33 hektar dan sagu seluas 267 hektar.

“Sejak dulu memang sektor pertanian yang memegang sektor penting dalam perekonomian masyarakat Wawonii. Potensi yang cukup besar adalah tanaman kelapa,” kata Amrullah.

Bupati berharap menteri pertanian memberikan perhatian kepada para petani di daerah itu agar bisa mengembagkan potensi pertanian yang cukup besar. (C)

 

Reporter : Arjab Karim
Editor : Rustam

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free