iklan zonasultra

Antisipasi Penyakit DBD, Dinkes Konawe Akan Salurkan Bubuk Abate

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Muhamad Aris
Muhamad Aris

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Maraknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di beberapa Daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi perhatian khusus Dines Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Sultra untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut di daerahnya.

Pihak Dinkes akan segera menyalurkan bubuk abate di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Konawe, dan selanjutnya dibagikan langsung ke masyarakat.


Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Konawe, Muhammad Aris menuturkan, sesuai data tahun 2017 beberapa Kecamatan yang ada di Konawe seperti Kecamatan Anggalomoare, Kecamatan Sampara, Kecamatan Wonggeduku, Kecamatan Wawotobi dan Kecamatan Unaaha memang rawan terjadinya penyebaran penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk tersebut.

(Baca Juga : Januari 2019, RSUD Kendari Rawat 34 Pasien DBD)

“Meski saat ini belum ditemukan kasus tersebut, lanjutnya, dalam waktu dekat ini kami akan menyaluran bubuk abate tersebut diseluruh puskesmas yang ada,” jelas Aris saat dikonfirmasi di ruangannya, Jumat (8/2/2019)

Untuk tekhnisnya, lanjut Aris, setelah bubuk abate tersebut sampai ke puskesmas, petugas puskesmas akan langsung ke rumah-rumah warga membagikan bubuk abate secara gratis sambil melakukan sosialisasi cara penggunaanya.

Ia berharap agar seluruh masyarakat bisa berperan aktif dalam mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut, dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami sebagai petugas kesehatan hanya bisa menyampaikan pencegahannya dan melakukan penangan ketika ada kasus seperti itu, tapi kunci terhindarnya masyarakat dari penyakit DBD tersebut dari pola hidup mereka sendiri,” tuturnya. (b)

 


Kontributor : Iksan
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib