iklan zonasultra

Bakal Diresmikan Jokowi, Kendari New Port Siap Beroperasi

General Manager (GM) PT Pelindo IV Kendari Debby Duakaju
Debby Duakaju

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan penggunaan Kendari New Port yang berada di Pulau Bungkutoko, Nambo, Kota Kendari bulan Maret 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung General Manager (GM) PT Pelindo IV Kendari Debby Duakaju saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/2/2019).

“Kita nanti buat dua kegiatan soft lauching nanti sama Gubenrur dan Wali Kota, Grand lauching rencananya oleh Bapak Presiden,” ungkap Debby.

Meski begitu, saat ini pihaknya masih mengatur jadwal pasti dari kegiatan tersebut agar tidak bertentangan dengan jadwal kerja Presiden Jokowi dan Gubernur Sultra Ali Mazi.

PT Pelindo IV Kendari pun intens melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat, guna memastikan jadwal pasti Presiden meresmikan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.

“Rencananya akan dirangkaikan juga dengan peresmian Makassar New Port, bersamaan,” pungkas Debby.

Lebih lanjut dijelaskan mantan GM Pelindo IV Gorontalo bahwa saat ini pembangunan fisik dari Kendari Newport sudah mencapai 100 persen dan siap digunakan.

Debby juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah provinsi dan kota Kendari yang sudah aktif dalam mengembangkan kawasan Kendari New Port ini melalui pembangunan jembatan dan jalan masuk.

“Jalan masuk sekitar 1,6 km itu dibangun oleh Pemkot dan Jembatan keluar menuju Nambo dibangun sama Pemprov, kami sangat berterimaksih,” jelasnya.

Dengan beroperasi, Kendari New Port diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bumi Anoa dan memperlancar arus keluar masuknya barang dari dalam dan luar negeri ke Provinsi Sultra.

Kendari New Port dibangun dengan total anggaran investasi sebesar Rp936 miliar atau hampir Rp1 triliun. Anggaran ini sterdiri dari Rp635 miliar dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal PT Pelindo sebesar Rp301 miliar. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib