Tampilan Desktop



Balai Cagar Budaya Tinjau Benteng di Butur
77 Dibaca

Balai Cagar Budaya Tinjau Benteng Di ButurBALAI CAGAR BUDAYA – Bupati Buton Utara Abu Hasan (kiri) dan Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Harlin Hari (baju orange) saat menerima tim teknis kajian Balai Cagar Budaya Sulawesi Selatan di ruang kerja Bupati Butur. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Tim teknis kajian Balai Cagar Budaya Sulawesi Selatan (Sulsel) meninjau Benteng Bangkudu yang terletak di Kecamatan Kulisusu Buton Utara (Butur). Kunjungan tim tersebut setelah adanya usulan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Butur sebelumnya.

Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Butur Harlin menyampaikan bahwa upaya tersebut merupakan wujud komitmennya dalam mengemban amanat di instansinya. Ia menjelaskan, kedatangan tim tersebut, untuk mendukung pelestarian budaya di Butur.

“Ini adalah bentuk upaya untuk melestarikan budaya daerah,” ucap Harlin saat ditemui di halaman Masjid Keraton, Jumat (14/7/2017).

Di tempat yang sama, Ketua Tim teknis kajian Balai Cagar Budaya Sulsel, Agus Yana Astriadi menuturkan, jika situs budaya dikelola dengan baik, maka tentu akan mendatangkan manfaat, baik dari sisi perlindungan budaya itu sendiri, maupun pada sisi ekonomis. Namun demikian, lanjut Agus, untuk memaksimalkan pemanfaatannya perlu adanya dukungan dari aspek lainnya.

“Harus terintegrasi, misalnya dengan wisata alam, nanti masayarakat di sini bisa turut menikmati, mungkin masyarakat bisa menjual, dan sebagainya,” ujarnya.

Peninjauan tim dari lembaga yang dinaungi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan ini, rencanannya akan berlangsung selama tujuh hari. Adapun jumlah tim sebanyak tujuh orang, dan di antaranya ada pula arkeolog. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free