Tampilan Desktop


Balon Bupati Wakatobi dari PDIP Tunggu Putusan DPP
91 Dibaca

ZONASULTRA.COM,WANGI-WANGI – Bakal calon (balon) bupati Wakatobi yang telah mendaftar melalui pintu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) harap-harap cemas. Pasalnya, hingga kini rekomendasi terkait nama balon bupati belum juga diputuskan.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang(DPC) Kabupaten Wakatobi, Sudirman A.Hamid,SP, di kediamannya, menjelaskan proses penyaringan DPD telah sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) partai. Rujukan berdasarkan hasil keputusan 031 tentang tahapan proses bakal calon bupati.

“Prosesnya dilalui dengan beberapa tahapan, di tingkat DPC dilakukan tahapan penjaringan lalu ada penyaringan ditingkat DPD selanjutnya hasil putusan pleno penyaringan tersebut akan dibawa ke DPP dengan  menghasilkan 3 putusan nama saja,” terangnya, Sabtu (4/7/2015).

Ditanyai soal putusan hasil kongres DPP PDIP di Nusa Dua, Bali yang menyebutkan daerah perolehan suara terbanyak diatas 20 persen akan ada ketentuan khusus bagi kader untuk  dicalonkan. Sudirman membenarkan hal itu, tetapi dalam prosesnya DPP punya kebijakan untuk mengambil alih kewenangan penetapan calon bupati.

“Memang hasil putusan kongres Bali itu, ada tiga klasifikasi penentuannya diantanya penyebutan cluster satu hingga cluster tiga. Dan yang disebutkan tentang hasil perolehan suara tersebut terdapat dalam cluster satu, akan diprioritaskan kader namun dalam prosesnya putusan itu dilanjutkan dengan juknis kep.031 tetang tahapan proses bakal calon,” ungkapnya.

Namun demikian, jika merujuk dari putusan tersebut, Wakatobi memperoleh suara lebih dari 30 persen. Artinya, lanjut Sudirman, pertimbangan kelayakan kader itu lebih diprioritaskan.

Meski demikian, hasil putusan DPP itulah yang akan menjadi final penetapan calon Bupati dari PDIP. Saat ini, pihaknya juga disebutkan namanya dalam hasil pleno setelah menjalani uji kelayakan yang juga hadiri ketua DPD 1 Sultra, Ir.Hugua.

Adapun nama-nama yang sebelumnya telah disebutkan ketua Desk Pilkada Sultra,Nur Salam Lada, diantaranya ketua DPRD Wakatobi Muhammad Ali,S.Ip.M.Si. Lalu menyusul Haliana pengusaha asal Wangi-Wangi Selatan,Dosen UHO Dr.Otjo Oti, dan Ediarto Rusmin,Bae mantan Wakil Bupati Wakatobi. Sementara Sahiruddin La Aba mengikuti tes Uji kelayakan menjadi calon Wakil Bupati.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com