BKKBN Sultra Selenggarakan Pelatihan KKBPK RPJMN

2
Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail
Ali Ismail

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan pelatihan pewawancara survei indikator kinerja program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tingkat Provinsi Sultra di Grand Clarion Hotel Kendari, Kamis (16/3/2017).

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail
Ali Ismail

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ali Ismail mengatakan pelatihan ini akan dilaksanakan hingga 25 maret 2017. Survei tahunan yang telah dilakukan RPJM ini merupakan periode yang ke-3 yaitu dari 2015 hingga 2019.

Ia mengungkapkan bahwa secara umum survei ini bertujuan memperoleh gambaran tentang keberhasilan program KKBPK dilihat dari sasaran kinerja sesuai yang tercantum dalam RPJMN 2015 sampai 2019.

“Survei tahun 2016, data dikumpulkan dari rumah tangga, keluarga, wanita usia subur, remaja, fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta di unit pelayanan Keluarga Berencana (KB),” ujarnya.

Sementara, kata dia, survei tahun 2017 hanya mengumpulkan data rumah tangga, keluarga, wanita usia subur dan remaja pada masing-masing cluster blok sensus di seluruh wilayah Kabupaten atau Kota di Sultra. Seperti pada survei pasangan usia subur (PMA), RPJMN tahun 2017 memanfaatkan smartphone dalam melakukan pengumpulan data.

(Baca Juga : BKKBN Target Tiap Kecamatan Satu Kampung KB)

“Hal ini untuk menjaga kualitas data, menghemat waktu, kertas dan tenaga entry, untuk itu kami memberikan bimbingan kepada enumerator dan supervisor guna menunjang kelancaran dan kemudahan pengumpulan data,” katanya.

Olehnya itu ia berharap agar seluruh peserta bisa mengikuti pelatihan sebaik mungkin, sehingga dapat mewujudkan masyarakat indonesia yang sejahtera. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here