Tampilan Desktop



BPBD Butur: Kambowa Berpotensi Banjir Bandang
65 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kelurahan Kambowa Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi terjadi banjir bandang.

La Ode Husima

La Ode Husima

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Butur La Ode Husima kepada media, Selasa (30/5/2017) mengatakan, adanya potensi tersebut merujuk pada hasil kajian resiko bencana yang dilakukan oleh BNPB. Di wilayah itu terdapat pegunungan, sementara tutupan vegetasi hutan sudah mengalami kerusakan, sehingga curah hujan yang tinggi bisa memicu terjadinya banjir bandang.

“Berdasarkan hasil kajian resiko bencana oleh BNPB, di sana (Kambowa) ada potensi banjir bandang. Jadi, ketika curah hujan masih begini terus, akhirnya air tanah kan jenuh. Ketika misalkan sudah tidak ada kayu lagi yang mengikat tanah, sudah jenuh air, pasti akan longsor nanti, lumpur yang akan turun ke pemukiman. Itu yang dikhawatirkan. Mudah-mudahan tidak terjadi,” ungkap Husima.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingankan, ia menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Sebab kata dia, menurut informasi yang ia terima dari BMKG, temparatur air laut di Sultra masih hangat, dan dapat menimbulkan munculnya pembentukan awan sehingga menghasilkan curah hujan yang cukup tinggi.

Untuk penanganan jangka panjang, menurutnya Sungai Kambowa harus segera dinormalisasi, dan di bibir pantai perlu dibangun penahan ombak. “Jangka panjangnya di sana, memang, satu satunya jalan Sungai Kambowa itu harus dinormalisasi. Kemudian di pantai, harus dipasangkan cincin penahan ombak,” ujar Husima. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free