Tampilan Desktop


BPOM Sultra Amankan 203 Item Kosmetik Berbahaya
613 Dibaca

badan POM Kendari

Inilah jenis-jenis kosmetik yang disita oleh BPOM Sultra dari salah satu distributor di Kota Kendari. Kosmetik ini disita karena kedaluarsa dan mengandung bahan bebahaya. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengamankan 203 item kosmetik berbahaya dari seorang distributor di Kota Kendari yang menjual melalui media sosial facebook pada September lalu.

Kepala BPOM Sultra, Adilah Pababbari mengatakan, kosmetik yang ditemukan tersebut tidak memiliki surat izin edar, kadaluarsa serta mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

“Ada 203 item kosmetik yang kami dapatkan dengan jumlah 4.000 pics diantaranya cream 99, temulawak, diamond dan suntikan vitamin C,” kata Adilah ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/12/2015).

Menurut Adilah, distributor tersebut saat ini telah ditahan dan sementara diperikasa tim penyidik BPOM Sultra. Setelah penyidikan oleh BPOM berkasnya akan dilimpahkan ke kejaksaan untuk ditindak lanjuti.

Dia menambahkan, kesadaran masyarakat Kota Kendari terhadap bahaya belanja online masih sangat kurang. “Belanja online dan belanja langsung sangat berbeda, jadi berhati-hati dan jadilah konsumen cerdas,” ujarnya.

Pihak BPOM juga telah bekerjasama dengan Kemeninfo RI untuk menutup situs-situs belanja online. Dan pihak Kemeninfo telah menutup sebanyak 30 situs belanja online.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com