Tampilan Desktop



Bupati Butur Apresiasi Pengembangan Kepiting Soka di Dinas Perikanan
87 Dibaca

Bupati Butur Apresiasi Pengembangan Kepiting Soka di Dinas Perikanan KEPITING SOKA – Bupati Buton Utara, Abu Hasan kembali memberikan apresiasi kepada Dinas Perikanan setempat karena berhasil memperlihatkan inovasi terbarunya dengan mengembangkan Kepiting Soka di Danau Moloku, Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara, Abu Hasan kembali memberikan apresiasi kepada Dinas Perikanan setempat karena berhasil memperlihatkan inovasi terbarunya dengan mengembangkan Kepiting Soka di Danau Moloku, Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu.

Abu Hasan mengaku, sangat bersyukur setelah menyaksikan inovasi dari salah satu SKPD di daerah yang ia pimpin. Menurutnya, pengembangan Kepiting Soka berbeda dengan jenis kepiting pada umumnya.

“Saya sangat bersyukur, karena hari ini kita menyaksikan bentuk inovasi. Kalau kepiting biasa itu sudah biasa, tapi kepiting soka, ini benar-benar baru,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara panen perdana di Danau Moloku, Selasa (23/5/2017).

Di sisi lain, Abu hasan memandang bahwa lokasi yang digunakan tersebut juga sangat tepat. Sebab, kata dia, Danau moloku merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Butur. Sehingga, dalam waktu yang bersamaan keduanya dapat dikembangkan, dan nilai ekonomi yang diperoleh pun dapat berlipat ganda.

“Tempatnya sangat tepat, karena danau moloku juga merupakan salah satu destinasi wisata kita. Tentunya ini memiliki nilau tambah ekomomi yang besar,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Butur Budianti Kadiaa menyampaikan bahwa,
program tersebut merupakan salah satu upaya pemberdayaan masayarakat dengan memanfaatkan potensi laut yang ada. Selain di Desa Lantagi, Abu Hasan juga akan melakukan hal serupa di beberapa desa lain di Butur.

“Kami akan memprogramkan ke beberapa daerah-daerah lain, diantaranya Desa Langere dan Koepisino,” ujar Budianti.

Ia menjelaskan, program ini melibatkan kelompok masyarakat setempat dan didampingi oleh dari dinas terkait. Ke depan, lanjut Budianti, masyarakat bisa menjalankan program secara mandiri, dan pihaknya hanya sebatas melakukan pemantauan.

“Kami berharap, dengan kemandirian, pengembangan kepiting soka ini kita berharap bisa berkembang secara terus menerus,” harapnya. (A)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free