Tampilan Desktop


Bupati Konawe Minta SKPD Tanggap Atasi Banjir
10 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Konawe yang berhubungan dengan bencana banjir seperti, Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar peka dan tanggap dalam menyikapi bencana banjir atau bencana lain yang kadang terjadi di wilayah yang di pimpinnya. Namun sayang perintah yang disampaikan sejak, Kamis (11/6/2015), sampai saat ini belum dijalankan oleh bawahannya itu.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Konawe ini dalam kunjungannya di lokasi banjir di Desa Waworaha Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe. Melihat kondisi warganya yang menjadi korban banjir ia menganggap perlu segera ada tindakan pemberian bantuan.
 
“Kalau bencana seperti ini kita harus tanggap, karna kenapa kalau banjir itu hanya menghitung jam saja, jadi kita juga responsif, begitu ada laporan langsung turun jangan menunggu nanti-nanti. Apalagi ini sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu, masa baru Dinkes yang sudah menurunkan bantuannya terus dinas lainnya mana,” tegas Kery.
Terkait banjir yang terjadi di setiap tahun akibat meluapnya Sungai Konaweeha di wilayah itu, Kery mengaku sudah melaporkan hal itu ke pihak Balai Sungai Besar pusat. Menurutnya, untuk pembuatan tanggul di sepanjang pesisir sungai mesti dilakukan oleh pihak balai, sementara untuk kabupaten hanya sebatas melaporkan dan mengusulakan saja.
“Kita sudah laporkan ini, dan informasi terakhir yang kami terima dari pihak balai, Insyah Allah tahun depan, mereka (balai) sudah akan membangun tanggul di wilayah ini, jadi masyarakat harus bersabar sedikit sambil kita tunggu proses pembuatan tanggul agar kedepannya wilayah ini bisa bebas dari bencana banjir,” imbuhnya.
Di kesempatan yang sama, Kery juga meminta kepada pihak kepolisian dan TNI yang saat itu sudah berada dilokasi banjir untuk menurunkan bantuaanya. Bahkan dirinya langsung meminta kepala desa di dua desa yang terendam banjir itu untuk mencatat semua yang diperlukan warga untuk ditindaklanjuti. (**Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com