Tampilan Desktop



Bupati Konsel Ikuti Kuliah Umum Tentang Pembangunan di UCLA Amerika
128 Dibaca

Bupati Konsel Ikuti Kuliah Umum Tentang Pembangunan di UCLA Amerika KULIAH UMUM – Bupati Konsel Surunuddin Dangga bersama rombongan foto bersama usai mengikuti kuliah umum di University of California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah di Indonesia khususnya di Kabupaten Konsel dalam memajukan pembangunan di daerah. (Foto: Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunudin Dangga mengunjungi Amerika Serikat untuk mengikuti kuliah singkat Program Eksekutif Bersertifikat di University of California Los Angeles (UCLA) tentang Sinergi pemerintah daerah, sektor usaha, dan perguruan tinggi dalam membangun daerah.

Hal ini dibenarkan oleh Kabag Humas Pemda Konsel Hermawan. Dikatakan, Bupati Surunuddin mengikuti kegiatan tersebut pada gelombang pertama yang dilaksanakan pada 9-19 September 2017

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh UCLA bekerja sama dengan INADATA Consulting California, dan Institut Pertanian Bogor,” kata Hermawan saat dikonfirmasi, Kamis (21/9/2017).

Hermawan menjelaskan, INADATA Consulting didirikan oleh Professor Elwin Tobing untuk memajukan pembangunan di Indonesia dengan menekankan penguasaan informasi dan pengetahuan dalam memajukan pembangunan daerah dan kota. Meningkatkan investasi Amerika Serikat dan dunia internasional di Indonesia, meningkatkan perdagangan internasional (ekspor dan impor) Amerika-Indonesia, dan Institut Pertanian Bogor merupakan pusat pengkajian perencanaan dan pengembangan wilayah (P4W).

Kegiatan ini nantinya bertujuan untuk membantu pemerintah daerah, khususnya di Konsel dalam memajukan pembangunan di daerah masing-masing.

“Program ini yang dinamakan REDS, dirancang oleh pakar-pakar ekonomi Indonesia dan Amerika Serikat dan diselenggarakan di California. Program REDS memperkenalkan praktik-praktik terbaik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah di USA umumnya, dan California khususnya,” jelasnya.

Dikatakan Hermawan, selama mengikuti program ini bupati Konsel menerima beberapa topik materi yang dibahas pada kuliah umum ini yakni, pembangunan daerah atau kota yang berbasis manusia, pemajuan sektor usaha dan oklim bisnis di daerah atau kota, lembaga keuangan dan investasi dalam membangun daerah, berbagai alternatif pembiayaan pembangunan daerah atau perkotaan, kontribusi mega bisnis di daerah dalam membangun pembangunan daerah di California, Data Analysis Sistim informasi manajemen dan perencanaan strategis pembangunan daerah atau kota, dan Strategi pengembangan zona-zona bisnis perumahan, dan fasilitas.

“Bupati berangkat pada 16 September 2107 lalu didampingi kepala dinas pekerjaan umum (PU) dan Direktur Perusda Kabupaten Konsel. Dijadwalkan mereka akan kembali pada Sabtu, 30 September 2017 mendatang. (B)

 

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com