Tampilan Desktop


Buton Segera Bangun Pabrik Rumput Laut, Sebulan Bisa Produksi 100 Ton
228 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO– Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam waktu dekat akan segera membangun pabrik rumput laut. Pabrik tersebut akan dibangun di desa Wakalambe, Kecamatan Kapuntori.

Sudirman

Sudirman

Anggaran untuk pembangunan pabrik rumput laut ini bersumber dari Kementerian Keluutan dan Perikanan (DKP) Pusat sebesar Rp.18 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buton, Sudirman mengatakan, Buton termasuk salah satu daerah prioritas pembangunan pabrik rumput laut karena memiliki potensi melimpah dan beberapa daerah tetangga seperti Baubau, Wakatobi, Buton Utara dan Muna bisa mensuplai ke pabrik tersebut.

“Kita sangat beruntung, karena di Indonesia hanya terdapat 7 kabupaten dan Kota yang mendapat bantuan tersebut, termasuk salah satunya kabupaten Buton,” kata Sudirman, Senin (11/1/2016).

Masih kata Sudirman, pabrik tersebut diprediksi memapu memproduksi rumput laut kurang lebih 100 ton perbulan.  Dengan adanya pabrik ini, diharapkan harga rumput laut di Indonesia khususnya kabupaten Buton bisa stabil, sehingga masyarakat pengelola rumput laut dapat memenuhi kebutuhan ekonominya lebih bagus.

 

Penulis : Nanang Suparman
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com