Tampilan Desktop

Catat, Inilah “Kekurangan” Suzuki Ertiga
179 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Diluncurkan pertama kali pada 2012 lalu, Ertiga berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu model tersukses Suzuki yang banyak menyedot perhatian publik. Di Sulawesi Tenggara (Sultra) misalnya, Ertiga cukup digandrungi masyarakat bumi anoa ini. Kenyamanan dan keamanan menjadi alasan para konsumen di Sultra memilih Ertiga sebagai kendaraan keluarga.

Tiga tahun malang melintang di jalanan Indonesia, Ertiga sebenarnya belum banyak mengalami perubahan. Meski begitu, Ertiga diklaim masih lebih unggul dari beberapa aspek dibandingkan dengan MPV produksi kompetitor.

Head Promotion PT Megah Putra Kendari, dealer resmi Suzuki di Sultra, Rahmad La Dae mengatakan, sejak awal Ertiga telah dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi para konsumen. Karena itu mobil ini telah dilengkapi fitur-fitur yang lengkap dan terdepan di kelasnya.

Salah satu keunggulan Ertiga, kata Rahmad adalah efisiensi bahan bakar. Suzuki Ertiga telah dilengkapi teknologi canggih. Sistem operasi pada pedal gas mobil MPV ini telah menggunakan sensor elektronik sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat.

Didukung oleh performa terbaik mesin K14B, 1.400 cc (1.4L), Multi Point Injection (MPI), dan Variable Valve Timing (VVT) yang irit bahan bakar, Ertiga semakin bertenaga dan memiliki akselerasi prima. Mesin ini menghasilkan pembakaran sempurna sehingga sangat ramah lingkungan.

“Saat ini konsumsi bahan bakar Ertiga itu 16,2 km/liter. Untuk kelas MPV, Ertiga masih yang paling irit dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam waktu dekat Suzuki juga akan memberikan sentuhan terbaru pada Ertiga yang konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat lagi hingga 17,59 km/liter,” beber Rahmad ketika ditemui Zonasultra.com di kantornya, Rabu (12/8/2015).

Selain itu, kata Memed sapaan akrab Rahmad La Dae, dengan harga yang kompetitif fitur keamanan pada Ertiga bisa dibilang fitur yang terlengkap di kelasnya.

Ertiga telah dilengkapi fitur Side Impact Beam untuk mengurangi resiko benturan fatal dari samping kendaraan. Pada tipe GX, bahkan sudah dilengkapi airbag yang terletak pada kemudi dan dashboard akan mengembang pada saat terjadi benturan keras. Tak hanya itu, pada tipe GX juga terdapat piranti keselamatan ABS (Anti-Lock Braking System + EBD (Electronic Braking-force Distribution) untuk pengereman yang optimal dan merata di tiap roda.

Fitur immobilizer dan alarm pada Suzuki Ertiga, terang Memed mampu mencegah terjadinya pencurian. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan sehingga mesin tidak dapat dinyalakan jika menggunakan kunci yang bukan aslinya (duplikat). Bahkan ketika kuncinya hilang, kunci duplikat tidak bisa dibuat di dealer di daerah, kecuali di kantor pusat di Jakarta.

“Ini memang sedikit merepotkan tapi kendaraan bisa aman dari pencurian,” katanya.

Soal jok mobil, ungkap Memed, Ertiga masih yang terdepan dan paling nyaman dibandingkan dengan kompetitor. Hal ini bisa menjadi solusi bagi konsumen yang sering bepergian jauh.

Para orang tua yang membawa anak akan lebih nyaman berkendara berkat fitur childproof door lock. Cukup menggeser tombol dari free ke lock, pintu hanya bisa dibuka dari luar, sehingga aman bagi anak-anak yang duduk di dalam kendaraan yang sedang melaju.

“Inilah cocoknya Ertiga sebagai kendaraan keluarga yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan,” ucapnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com