Tampilan Desktop



Deteksi Dini Konflik Pilkada, Kapolda Sultra Gelar Safari di Polres Konawe
50 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Andap Budhi Revianto menggelar kunjungan safari di Markas Komando (Mako) Polres Konawe, Senin (25/9/2017).

Dua Tim Siap Menangkan Paslon Masing-Masing di Pilkada Buteng

Ilustrasi

Andap Budhi Revianto menjelaskan, safari itu bertujuan untuk mengecek kesiapan personil serta melakukan deteksi dini terhadap potensi konflik di daerah itu menjelang pelaksanaa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, baik itu Pemilihan Bupati Konawe ataupun Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra tahun depan.

Walau begitu, Kapolda mengatakan, saat ini pihaknya belum memetakan wilayah zona rawan jelang pilkada. Ia mengaku para personilnya baru melakukan identifikasi dini daerah-daerah yang dianggap berpotensi menimbulkan konflik.

“Mulai sekarang kita sudah mengidentifikasi berbagai potensi kerawanan yang ada kemudian kita gelar kegiatan kepolisian maupun operasi kepolisian,” kata Andap disela-sela kunjungannya di Mapolres Konawe, Senin (25/9/2017)

Ia menghimbau agar masyarakat dapat mengsukseskan jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu. Menurutnya, pilkada tidak akan berjalan baik tanpa adanya dukungan dan kedewasaan berpolitik masyarakat, ia juga meminta kepada personilnya untuk selalu waspada, meski suhu politik saat ini masi “adem ayem”.

Ditempat yang sama, Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar mengaku sudah melakukan pertemuan dengan beberapa instansi penyelenggara pemilu guna mengidentifikasi potensi kerawanan yang mungkin saja bisa muncul.

“Kita mengandalkan pendekatan kearifan lokal masyarakat Konawe dan Konut. Kalau pemetaan zona rawan, kita tidak melakukan itu, karena semua wilayah memiliki potensi yang sama, sehingga sedini mungkin kita sudah melakukan identifikasi terhadap potensi-potensi tersebut,” ujar Nur Akbar

Ia mengkalim, saat ini wilayahnya masi aman dan kondusif, bahkan dinamika politik masih terbilang santai. (B)

 

Reporter: Restu Tebara
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com