iklan zonasultra

iklan zonasultra

Di Kendari dari 3.872 Peserta Tes CPNS, Hanya 67 Lulus Passing Grade

Di Kendari dari 3.872 Peserta Tes CPNS, Hanya 67 Lulus Passing Grade
CPNS 2018 - Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang akan memasuki gedung ujian, Selasa (6/11/2018) siang di GOR Bahteramas Kendari. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Tes seleksi CPNS di Kota Kendari hanya meloloskan 67 orang, padahal ada 3.872 peserta yang mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT yang digelar di GOR Bahteramas Kendari.

Pelakasanaan ujian SKD CAT lingkup Pemkot Kendari dilaksanakan selama 4 hari berlangsung sejak Sabtu (3/11/2018) lalu hingga hari ini, Selasa (6/11/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kendari Rukmana mengatakan, pada ujian hari pertama ada 13 orang yang lulus, kemudian hari kedua 31 orang, hari ketiga 14 dan hari terakhir ada 9 orang sehingga totalnya 67 orang yang terdiri dari formasi umum, cumlaude dan tenaga honorer.

Dibandingkan kabupaten yang sebelumnya yang telah menggelar ujian Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe, Kota Kendari menjadi daerah yang terbanyak pesertanya lulus passing grade.

“Alhamduliah kita banyak yang lulus, meski juga tidak memenuhi kuota yang kami butuhkan sebanyak 207 formasi,” kata Rukmana kepada zonasultra saat ditemui usai pelaksanaan ujian terakhir, Selasa (6/11/2018) di GOR Bahteramas Kendari.

Setelah menerima secara remsi dokumen hasil seleksi dari Badan Kepegawain Negara (BKN) Regional IV Makassar, pihkanya akan langsung melaporkan hasil tersebut kepada Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain.

Rukmana sendiri menjelaskan, pihaknya akan menyerahkan keputusan akhir kepada pemerintah pusat, untuk bagaimana kuota yang mereka butuhkan tetap bisa terpenuhi.

“Saya berharap nantinya, ada kebijakan penurunan passing grade dari Kemenpan RB agar peserta yang lulus bisa bertambah dan kuota formasi jabatan bisa terpenuhi,” jelasnya.

Selain mendata peserta yang lulus passing grade, panitia seleksi CPNS Kota Kendari juga akan mengindentifikasi peserta yang gugur pada nilai Tes Keperibadian (TKP) namun lulus pada nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Keperibadian (TKP).

Hasil SKD CAT 3 Kabupaten Tak Penuhi Kuota

Hasil SKD CAT Kabupaten Konkep dari 1.916 orang hanya 20 peserta yang lulus, sementara kuota yang dibutuhkan 337 formasi.

Berita Terkait : Ini Daftar CPNS Konkep yang Lulus Tes SKD CAT 2018

Kemudian, Kabupaten Konsel dari 1.661 orang hanya 27 peserta yang memenuhi nilai ambang batas dan kuota yang dibutuhkan 150 jabatan. Sementara Kabupaten Konawe dari 1.471 orang, hanya 11 orang yang lulus passing grade, kuota dibutuhkan 165 jabatan.

Pemerintah Kabupaten Konawe dan Konkep juga mengharapkan hal yang sama, agar ada kajian ulang atau kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan- RB), sehingga kuota bisa terpenuhi.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Konkep Andi Muhammad Lutfi mengatakan, pihaknya akan mengusulkan perengkingan untuk mengisi 317 sisa kuota CPNS tahun ini.

Pasalnya, dari hasil seleksi yang sudah digelar beberapa hari lalu itu, jumlah peserta tes yang memenuhi standar nilai minimum tidak memenuhi kuota yang sudah ditetapkan.

“Dalam waktu dekat kita bersurat ke pusat, terlebih dahulu kita siapkan datanya berdasarkan perengkingan sesuai hasil yang diperoleh peserta tes oleh BKPSDM,” kata Andi Muhammad Lutfi di Langara kepada zonasultra, Senin (5/11/2018).

Menurutnya, langkah itu sebagai alternatif untuk mengisi kekosongan sisa kuota yang belum cukup itu dengan memanfaatkan waktu serta biaya yang tidak terlalu besar.

Untuk diketahui, pelaksanaa tes SKD CAT di GOR Bahteramas Kendari masih akan berlangsung hingga tanggal 13 November 2018. Usai Kota Kendari, selanjutnya Kabupaten Konawe Utara (Konut) mulai hari ini, Selasa (6/11/2018) hingga tanggal 9 November 2018.

Kemudian Kabupaten Bombana tanggal 9 hingga 10 November 2018 dan Kabupaten Muna Barat (Mubar) tanggal 10 hingga 13 November 2018. (HL)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib