Dinas Pendidikan Konsel Prioritas Tambah Ruang Belajar Kelas

0
Plt Kadis PK Konsel, Busnawir
Busnawir

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak didik di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) setempat memprioritaskan penambahan ruang belajar kelas pada sekolah yang hanya memiliki tiga ruang belajar.

Plt Kadis PK Konsel, Busnawir
Busnawir

Plt Kadis PK Konsel, Busnawir mengatakan, pembenahan tersebut akan dilakukan setiap tahunnya, dan hanya memiliki tiga kelas saja pada Sekolah Dasar (SD) serta rehabilitasi ruang belajar pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di kabupaten itu.

“Satu ruangan dua kelas, itu sudah sering saya temukan pada sekolah dasar,” katanya, Jum’at (21/10/2016).

Walau dalam ilmu pendidikan ada yang dinamakan kelas serentak, lanjut dosen Universitas Halu Oleo itu, namun hal tersebut berlaku pada kondisi yang tidak memungkinkan, seperti pada mata pelajaran pendidikan agama, olahraga, dan sejenisnya.

“Kalau di pelajaran lain, itu tidak boleh. Tetapi faktanya kan berbeda, makanya kita benahi pelan-pelan,”ujarnya.

Kondisi ini menurutnya, sesuai dengan program pemerintah setempat yakni penataan ruang belajar bagi sekolah-sekolah yang ruangannya masih kurang. Bahkan, di semua kecamatan yang ada di kabupaten itu, bila masih ada sekolah yang kekurangan ruangan akan diprioritaskan.

“Kemarin, kita kedatangan tim verifikasi dari pusat karena beberapa waktu lalu kami mengusulkan 134 sekolah yang perlu penambahan ruang belajar untuk rehabilitasi dan pengadaan ruangan,” jelasnya.

Dari usulan tersebut, hanya 10 sekolah saja yang mendapat bantuan pusat, karena program nasional itu dibatasi oleh anggaran negara. “Ini sangat membantu kami,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Irfan Mualim
Editor : Kiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here