Tampilan Desktop



DPP Golkar Tegaskan Ali Mazi–Lukman Final Diusung untuk Pilgub 2018
5032 Dibaca

DPP Golkar Tegaskan Ali Mazi–Lukman Final Diusung untuk Pilgub 2018 PARTAI GOLKAR – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar menegaskan, pasangan Calon Gubernur (Cagub) Ali Mazi dan Lukman Abunawas sudah final diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018. (ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar menegaskan, pasangan Calon Gubernur (Cagub) Ali Mazi dan Lukman Abunawas sudah final diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018.

Koordinator Wilayah (Korwil) DPP Golkar untuk Sultra, Haris Andi Surahman mengatakan, keputusan itu diambil sejak satu bulan yang lalu oleh tim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DPP. Keputusan disahkan melalui rapat di DPP sehingga tidak bisa lagi diganggu gugat.

“Untuk SK penetapan pasangan calon dan wakil gubernur paling lambat keluar minggu depan. SK untuk Ali Mazi dan Lukman akan keluar bersamaan dengan usungan Golkar di Kolaka Asmani Arif-Syahrul Beddu, di Konawe Rahmatullah-Alauddin. Sedangkan Baubau AS. Tamrin belum ada wakilnya,” kata Haris yang juga Ketua Departemen Perdagangan dan Ekonomi DPP Golkar, dihubungi Rabu (27/9/2017) malam di Jakarta.

Setelah terbitnya SK penetapan, Golkar menjadwalkan Ali Mazi dan Lukman Abunawas akan melakukan deklarasi pencalonan di Kota Kendari. Dalam deklarasi itu, sekaligus akan diumumkan bahwa Golkar (7 kursi DPRD Sultra) berkoalisi dengan Nasdem (3 kursi) yang sudah memenuhi syarat minimal 9 kursi koalisi untuk pencalonan.

Lanjut Haris, ada banyak pertimbangan mengapa DPP memutuskan mengusung Ali Mazi dan Lukman. Diantaranya karena pupularitas dan elektabilitas (tingkat keterpilihan) yang sangat tinggi. Koalisi Golkar-Nasdem tidak hanya terjadi di Sultra, namun juga diskenariokan di Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatra utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pasangan ini dinilai kuat sekali, Ali Mazi dari kepulauan (Buton) dan Lukman dari daratan (sebutan untuk daratan Sulawesi). Awalnya Nasdem sepakat dengan kita mengusung Ali Mazi, kemudian kita konfirmasi ke Lukman Abunawas yang menjawab bersedia berpasangan,” ungkap Haris.

Selain itu, Ali Mazi dan Lukman telah melalui mekanisme di Golkar karena pernah mendaftar langsung di DPP. Haris menjamin proses pengusungan itu tidak melanggar mekanisme partai. Sebab DPP memiliki kewenangan untuk menambahkan ataupun mengurangi usulan calon gubernur dari pengurus di daerah.

Meski ada keputusan DPP yang demikian, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Golkar Sultra baru saja menetapkan daftar calon gubernur yakni Rusman Emba, Asrun, Tina Nur Alam, dan Ali Mazi untuk diusulkan ke DPP hari ini (Rabu,27/9/2017).

Terkait hal itu, Haris menegaskan, usulan DPD 1 Golkar Sultra itu sudah terlambat dan tidak bisa diakomodir lagi karena DPP sudah memutuskan Ali Mazi dan Lukman berpasangan. (A)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Abdul Saban

Tagged with: ,
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com