Tampilan Desktop

Dua Calon Kades di Wakatobi Raih Suara yang Sama
249 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Desa Patua II, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah satu-satunya desa yang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak berakhir krusial. Dalam perhitungan akhir perolehan suara, dari tiga calon, dua calon dinyatakan meraih suara yang sama.

Amiconi

Amiconi

Desa Patua II memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 172 orang. Dari total DPT itu, saat pelaksanaan Pilkades serentak pada Minggu 13 November kemarin, hanya 144 yang menyalurkan hak pilihnya.

Dalam perhitungan akhir perolehan suara, dua calon kades nomor urut 2 Narman dan nomor urut 3 Basri berbagi angka sama yakni 66 suara. Sedangkan calon nomor urut 1 Muh Ilyas Musa hanya meraih 1 suara. Sedangkan suara tidak sah ada 11 suara.

Di tempat pemungutan suara (TPS) 1 yang memiliki DPT sebesar 87 orang, Basri meraih suara terbanyak 39 suara. Diikuti Narman 32 dan Muh Ilyas Musa 1 suara. Sedangkan di TPS 2 dengan jumlah DPT 85 orang, Basri meraih 27 suara, Narman 34 dan Muh Ilyas Musa 0 suara.

Ketua Desk Pilkades Kabupaten Wakatobi Amiconi mengatakan, dalam Undang-Undang Pilkades tidak berlaku Pilkades ulang jika ditemukan ada dua calon peraih suara terbanyak sama dalam satu desa. Penyelesaian hal seperti itu telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades.

Dalam Perbup dimaksud lanjut Amiconi, calon kades peraih suara terbanyak dalam salah satu TPS dengan tingkat partisisipasi pemilih tinggi tentu akan menjadi pemenang. Sehingga dalam penyelenggaraan Pilkades serentak Kabupaten Wakatobi tahun 2016, masing-masing desa dibentuk 2 TPS.

“Pasal 57 ayat 2 mengatakan dalam hal jumlah calon kepala desa terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari satu calon pada desa dengan TPS lebih dari satu. Calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah pemilih terbanyak,” terang Amiconi.

Dengan begitu, lanjut dia, berdasarkan Perbup Nomor 17 Tahun 2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Pilkades, maka sudah dipastikan Basri akan menjadi pemenangnya karena meraih suara terbanyak di TPS 1 dengan jumlah DPT terbanyak yakni 87 orang. (A)

 

Reporter: Duriani
Editor: Jumriati

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com