Dua Puskesmas di Kendari Dapat Akreditasi Madya

1
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum
drg. Rahminingrum

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puskesmas Poasia dan Puskesmas Lepolepo Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah terakreditasi dengan kategori madya. Status ini diberikan Kementerian Kesehatan RI pada Februari 2017 lalu setelah tim asesor datang melakukan penilaian pada November 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum
drg. Rahminingrum

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum mengatakan dari 15 puskesmas se-Kota Kendari, baru dua puskesmas tersebut yang mendapatkan akreditasi madya. Dikatakan, dalam penilaian akreditas ada tiga kategori yaitu kategori dasar, madya dan paripurna. Dalam penilaian akreditas di dua puskesmas itu mendapatkan kategori madya yang artinya skor sedang.

“Insya Allah tiga tahun ke depan kita akan berupaya agar mendapatkan kategori paripurna,” kata Rahminingrum saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/3/2017).

Rahminingrum menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan empat puskesmas lagi untuk diakreditasi yaitu Puskesmas Puwatu, Puskesmas Benubenua, Puskesmas Wuawua dan Puskesmas Abeli.

Dalam kunjungan tim akreditas, lanjutnya ada rekomendasi untuk dua puskesmas tersebut, salah satunya alat kesehatan yang tidak dikalibrasi. Untuk itu, pihaknya langsung bersurat ke semua puskesmas agar mengidentifikasi alat-alat apa saja yang perlu dikalibrasi dan dinas kesehatan nantinya akan mengkoordinir.

“Apakah kita mendatangkan pakar kalibrasi atau kita yang mengirim alat tersebut untuk dikalibrasi karena ini berpengaruh dari penilaian akreditasi,” tuturnya. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here