Tampilan Desktop



Enam Orang Mahasiswa Fakultas Mipa UHO Tersesat di Hutan Amonggedo
48 Dibaca

Beruntung tim gabungan dari Badan Sar Nasional (Basarnas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, Kepolisian Resort (Polres) Konawe, serta be

Beruntung tim gabungan dari Badan Sar Nasional (Basarnas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, Kepolisian Resort (Polres) Konawe, serta beberapa relawan masyarakat setempat segerah melakukan evakuasi sehingga keenam mahasiswa tersebut dapat ditemukan dalam kondisi selamat.
“Informasi awal kami dapatkan tadi malam, namun karena satu dan lain hal, sehingga kami semua sepakat untuk melakukan evakuasi pada pukul 04:00 Wita, dengan menurunkan sejumlah anggota yang dibantu anggota dari Polres Konawe, dan BPBD Konawe,” jelas Basrano, Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Basarnas Sultra, Senin (19/1/2015).
Setelah melakukan pencarian selama 5 jam, tim gabungan Basarnas Sultra akhirnya menuai hasil, keenam korban berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, walaupun dua diantaranya nyaris tak bisa bergerak. Kata dia, persiapan yang kurang matang membuat 4 mahasiswa dan 2 mahasiswi tersebut kesasar, itu dilihat dari peralatan yang digunakan, serta logistik yang mereka sediakan seadanya saja.
“Selain itu medan yang mereka tempuh memang sangat berat, kemudian fisik beberapa anggota mereka yang kuran baik menjadi kendala dalam dari kegiatan tersebut,” kata Basrano dilokasi kejadian.
Sementara itu, koordinator kegiatan pembuatan jalus lintas alam, Putri, mengakui peralatan yang mereka siapkan seadanya, karena rencana semula mereka hanya butuh waktu 2 jam untuk mencapai target, yakni di Desa Lembo, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut), yang nantinya akan menjadi finis dari kegiatan yang akan mereka laksanakan.
“Peta yang kami gunakan basah karena terkena air hujan, GPS yang kami gunakan pun rusak sehingga membuat kami tidak tau arah yang akan kami tempuh. Apalagi di atas kami sangat kesusahan air, itulah yang membuat kami tidak bias berbuat banyak,” kata Mentari sapaan lain Putri. (Restu)  
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free