iklan zonasultra

Hujan Lebat Disertai Petir, Warga Kota Kendari Diminta Siaga

ZONASULTRA.COM,KENDARI- Hujan lebat dan disertai petir melanda hampir seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (9/2/2019) sejak pukul 18.00 WITA tadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari sendiri sudah mengirimkan dua kali peringatan dini cuaca.

Pertama, berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat kadang disertai guntur dan angin kencang pada pukul 18.40 hingga 20.40 WITA. Kedua, peringatan yang sama masih tetap berlangsung sekitar pukul 20.10 hingga 22.40 WITA.

iklan zonasultra

Adapun wilayah yang dilanda hujan yakni Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara (Wawo), Bombana, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi dan Maritm Kendari, Faisal mengatakan, kondisi ini perlu diwaspadai agar seluruh masyarakat tetap wasapada terhadap bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, angin kencang, guntur, jarak pandang terbatas dan longsor.

“Diperkiran durasi waktu hujan tersebut 3 jam kedepan, dan kondisi atmosfer cukup tebal berdasarkan data satelit kita,” ungkapnya kepada zonasultra melalui sambungan WhatsApp Mesengger, Sabtu (9/2/2019) malam.

BMKG pun meminta, masyarakat untuk mengetahui potensi bencana di lingkungan sekitarnya agar dampak bencana bisa diminimalisir.

“Dan kami menghimbau kepada masyrakat agar mengupdate terus informasi peringstan dini cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG,” tambah Faisal.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Suhardin saat dikonfirmasi pihak zonasultra melalui sambungan WhastApp Mesengger mengatakan, saat ini pihaknya sudah menurunkan tim untuk berjaga di sejumlah titik rawan seperti di Kali Wanggu, Kali Kadia dan Kali Lasolo.

“Kami masih memantau di sekitaran wanggu dan kali lasolo dan kadia belum ada yang terdampak,” kata Suhardin.

“Saya baru pulang ini, kami masih siaga dengan teman BPBD,” tukasnya.

Hujan Lebat Disertai Petir, Warga Kota Kendari Diminta Siaga
Banjir yang terjadi di salah satu rumah warga kota kendari

Ia pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar waspada dengan situasi ini, apalagi memasuki musim penghujan dan diharapkan untuk tetap menjaga kondisi lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat terutama di saluran air dan kali.

Sejumlah masyarakat Kota Kendari pun sudah ada yang mengirimkan kondisi genangan air kepada redaksi zonasultra melalui akun instagram mereka, dengan kondisi yang sudah terjadi pasca hujan sejak sore hingga malam ini. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib