Tampilan Desktop


Indonesia Sebaiknya Contoh Menu Sarapan 5 Negara Ini
27 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Masyarakat Indonesia gemar makan nasi. Kurang afdol bila mulut tak menyentuh nasi, karena menurut mereka, “belum makan nasi sama saja belum makan”. Alhasil, menu sarapan seperti nasi uduk dan lontong sayur begitu mendominasi.

Gemar mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, ditambah kurangnya aktivitas fisik, membuat jumlah diabetesi mencapai 9,1 juta jiwa. Kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi kelima di dunia dengan jumlah diabetesi terbanyak.
 
Oleh karena itu, sejumlah ahli nutrisi menganjurkan agar memilih menu sarapan yang kaya kandungan nutrisi dan vitamin. Sarapan sehat wajib dilakukan guna terhindar dari pola makan berlebih, serta memudahkan otak kita untuk berpikir.
 
Indonesia sepertinya harus menyontoh sejumlah negara dalam memilih menu sarapan setiap hari. Misalnya saja seperti negara-negara di bawah ini, dikutip dari Liputan6.com pada Sabtu (13/6/2015).
 
1. Jepang
 
Penduduk negara dengan julukan `matahari terbit` ini gemar mengonsumsi makanan berbau tradisional. Biasanya, menu yang dipilih adalah nasi putih, makanan laut, makanan fermentasi, sayuran, telur, dan buah. Tampaknya, penduduk di sana memerhatikan pola makan 4 sehat 5 sempurna.
 
2. Spanyol
 
Menu sarapan penduduk Spanyol dipengaruhi makanan laut yang tersedia dari perairan yang mengelilingi negara cantik ini. Ditambah dengan pengaruh budaya, menyebabkan masyarakat Spanyol begitu doyan menyantap makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatannya.
 
Bahan-bahannya tentu saja harus yang segar.
 
3. Turki
 
Tak berbeda jauh dari dua negara sebelumnya, masyarakat di Turki juga memiliki sarapan yang sehat. Seperti keju, buah zaitun, telur, tomat, mentimun, dan madu yang biasa dikonsumsi di atas Kaymak.
Minumnya saja, mereka lebih memilih teh hitam ketimbang kopi hitam.
 
4. Kamboja
 
Masyarakat Kamboja memiliki kesamaan dengan masyarakat di sini. Sarapannya harus bubur nasi yang disebut babaw. Tak berbumbu, dicampur telur asin, acar sayuran, dan ikan kering. Selain itu, masyarakat Kamboja sangat senang menyantap sepiring nasi dengan irisan daging babi, ayam, sayuran acar.
 
5. Australia
 
Sarapan di Australia terdiri dari sereal, roti panggang, dan buah. Atau mereka akan menyantap daging goreng, telur, jamur, kacang panggang, sosis, tomat, dan roti panggang.
Minumnya, teh, kopi, susu berasa atau jus.
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com