Tampilan Desktop


Ingin Jadi Wirausahawan Muda, Ini Tipsnya
17 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA –  Guna membangun jiwa kewirausahaan para pemuda di Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Tim Roemah Kita mengadakan lokakarya kewirausahaan di aula Hotel Rahmat, Kelurahan Kasipute Kecamatan Rumbia, Selasa (6/10/2015). Acara ini dihadiri puluhan kaum muda Bombana.

Pendiri Roemah Kita, Kasra Jaru Munara mengatakan, kegiatan ini berguna untuk membentuk karakter masyarakat Bombana dalam bidang kewirausahaan.

“Melihat Bombana ini kaya akan potensi alam yang mumpuni dan harus dimanfaatkan melalui kreatifitas masyarakat itu sendiri yang nantinya akan dapat berguna bagi generasi ke depan nanti,” ujarnya.

Pemilik www.Mitracard.com Dicky Darwis (@adq), yang menjadi pemateri dalam lokakarya ini mengungkapkan bahwa dalam melakukan usaha yang paling utama adalah adanya komitmen.

“Tips paling utama dalam membangun usaha itu mesti berkomitmen kuat sehingga nantinya dapat menjalankan usahanya dengan serius karena tidak menutup kemungkinan dalam menjalankan usaha tersebut akan ada kendala yang dihadapi,” kata Dikcy.

Lanjut eks fotografer Jokowi ini, dalam membangun usaha juga diperlukan lima kunci yang disebut Pimer, yaitu perencanaan (Planning), implementasi (Implementing), evaluasi (Evaluating) dan pelaporan (Reporting).

Menurutnya, Pimer sangat mempengaruhi kewirausahaan yang akan dibangun, khususnya di Bombana. Semua para usahawan harus memiliki lima kunci (Pimer) tersebut.

Pemateri lainnya, pemilik PT Siskem Aneka Indonesia, Syauki Amin menyatakan dalam membangun usaha mesti mengetahui cara berusaha yang baik dan benar.

“Cara berusaha yang baik dan benar yaitu pandai melihat peluang yang ada, sumber dayanya mumpuni atau tidak dan kompak dalam kerja tim,” ujarnya.

Sementara itu, para peserta yang hadir dalam lokakarya ini mengaku mendapatkan banyak tips untuk menjadi pengusaha muda tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

“Dengan modal yang kecil saja kita sudah bisa buka usaha dan juga pilihan- pilihan usaha yang ditawarkan juga tidak terlalu rumit apalagi pematerinya orang- orang hebat,” kata Aswin, salah satu peserta lokakarya.

Hal serupa juga diungkapkan peserta lainnya yang termotivasi untuk lebih giat meningkatkan usahanya.

“Saya ini sudah punya usaha kecil- kecilan, melalui pelatihan ini saya bisa menambah pengetahuan terkait wirausaha itu sendiri dan juga dapat mengetahui cara berwirausaha yang baik dan benar”, ujar Mulus Dumadin.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com