Tampilan Desktop

Ini Alasan Rektor UHO Kirim Mahasiswa KKN di Muna Barat
288 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Sebanyak 553 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara tahun 2016 di Kabupaten Muna Barat hari ini, Selasa (16/8/2016) telah tiba di Pelabuhan Tondasi setelah melalui perjalanan sekitar 4 jam dari Pelabuhan Nusantara Kendari.

Lantik Pejabat Perbendaharaan, Ini Pesan Rektor UHO

Usman Rianse

Selain Muna Barat, UHO juga menurunkan mahasiswa KKN ke tiga daerah lainnya di Sultra, yakni Kota Kendari, Konawe dan Konawe Selatan.

Rektor UHO Usman Rianse dalam sambutannya saat menyerahkan mahasiswa KKN kepada Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengungkapkan, keempat lokasi tersebut, termasuk Muna Barat dipilih karena dinilai sudah mewakili perkembangan daerah di Sultra.

Kota Kendari dipilih karena mewakili kota yang pertama di Sultra, kemudian Konawe Selatan mewakili daerah otonomi baru (DOB) yang pertama kali terbentuk di Sultra. Selanjutnya Muna Barat mewakili DOB yang terakhir terbentuk di Sultra yakni Buton Tengah dan Buton Selatan.

“Sama sekali tidak ada keraguan bagi saya sehingga dikatakan saya tidak adil dalam melayani masyarakat, tetapi saya sudah lakukan dengan alasan yang sangat rasional bahwa tiga kabupaten lokasi ini mewakili perkembangan Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Rektor dua periode itu juga meminta Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UHO untuk melihat bagaimana potret kehidupan masyarakat di tiga daerah ini.

“Bagaimana mereka punya kehidupan dari otonomi yang sangat lama, yang menengah dan otonomi yang sangat baru,” ucapnya.

Usman Rianse juga berpesan kepada para mahasiswa KKN untuk tidak terpengaruh dengan politik yang akan berlangsung di Muna Barat, karena tujuan utama mereka datang ke tengah masyarakat adalah untuk membangun.

Dirinya juga menghimbau seluruh mahasiswa KKN untuk tidak melihat KKN sebagai simbol untuk mendapatkan sertifikat, nilai KKN atau untuk melengkapi perjuangan menjadi sarjana.

“Jadikanlah ini sebagai momentum pertemuan sampai pada 45 hari kedepan, menjadi pengalaman hidup karena bagaimanapun kalian harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Muna Barat,” terangnya.

Sebanyak 553 mahasiswa KKN UHO ini akan disebar di  5 kelurahan dan 74 desa khusus untuk KKN reguler. Sedangkan mahasiswa KKN tematik akan ditempatkan di Desa Lafinde, Kecamatan Barangka. (B)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com