Tampilan Desktop


Ini Rencana Ruksamin Atasi Banjir di Konut
274 Dibaca

EVAKUASI - Terlihat bupati dan wakil bupati konut bersama seluruh SKPD konut, turun melakukan servei kembali, kondisi banjir dan aliran sungai di desa puuwonua. yang melanda ibu kota wanggudu tepatnya di kecamatan andowia, yamg menyebabkan ratusan rumah terendam banjir.( Jefri/ZONASULTRA.COM)

EVAKUASI – Terlihat bupati dan wakil bupati konut bersama seluruh SKPD konut, turun melakukan servei kembali, kondisi banjir dan aliran sungai di desa puuwonua. yang melanda ibu kota wanggudu tepatnya di kecamatan andowia, yamg menyebabkan ratusan rumah terendam banjir.( Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Pasca terjadinya banjir yang merendam ratusan rumah di empat desa dan satu kelurahan di Kecamatan Andowia, Bupati Konawe Utara Ruksamin langsung mengadakan penulurusan ke sejumlah sungai yang menjadi titik penyebab banjir yakni Sungai Lambudoni, Anggomate dan Woikonggo serta sejumlah sungai lainnya.

Usai melakukan penulusuran, Ruksamin mengatakan akan mendirikan tanggul dengan didukung fasilitas pengaman yang memadai sehingga akan membentuk jalan saluran pembuangan air ke sunga-sungai.

Tak hanya itu, dirinya juga akan memperbaiki lokasi aliran air sungai yang menjadi titik rawan penyebab seringnya air sungai meluap dan mengakibatkan banjir.

Artikel Terkait : Sempat Lumpuh Total, Akses Jalan di Konut Kembali Normal

“Ini banjir selalu terjadi tiap tahun dikarenakan lokasi sungai yang berbelok belok. Hanya berjarak 30 meter belok lagi, akhirnya jika hujan keras kondisi air meluap keluar, ditambah lagi lumpurnya yang sudah tinggi tidak bisa menampung volume air,” kata Ruksamin ditemui di lokasi banjir, Sabtu (16/7/2016).

Ruksamin mengaku akan menormalisasi situasi tersebut secara jangka panjang dan telah direncanakan dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Pemkab Konut.

Hal itu juga sudah disampaikan ke tanggap darurat pusat dan Kementerian Pekerjaan Umum maupun ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dapat bekerja sama.

Artikel Terkait : Banjir, Satu Balita di Konut Tenggelam

“Kita juga sudah merencanakan dalam pemabahasan anggaran nanti agar bagaimana bisa menormalisasikan sungai, dan itu kita akan lakukan secara bertahap,” ujarnya.

Bupati juga menghimbau warganya untuk terus berhati hati dan siap siaga dengan kondisi banjir yang terjadi serta jangan lengah dan bersabar.

“Peristiwa ini kita harus terima dengan lapang dada, ini kondisi alam dan datang secara tiba-tiba,” ucapnya. (B)

 

Reporter: Jefri
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com