Tampilan Desktop



Ini Solusi yang Ditawarkan Dewan Kota Guna Antisipasi Banjir
125 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – DPRD Kota Kendari menawarkan beberapa solusi bagi Pemerintah Kota Kendari guna mengantisipasi terulangnya bencana banjir yang menimpa Ibukota Sulawesi Tenggara beberapa hari lalu.

ashar

La Ode Ashar

Anggota komisi III DPRD Kota Kendari, La Ode Ashar mengatakan, saat ini yang harus didudukan bersama adalah bagaimana bencana banjir ini tidak terulang lagi di Kota Kendari. Untuk itu, penyebab banjir seperti buruknya sistem drainase, hutan gundul hingga pemukiman dibantaran sungai mesti segera ditemukan solusi penyelesaiannya.

Khusus untuk drainase kata politisi Partai Golkar ini, butuh desain yang benar-benar sempurna. Sebab dia menilai, harus merombak total sistem drainase yang ada. Sebab drainase yang ada saat ini dibangun sejak lama, sehingga membutuhkan anggaran yg besar dan bisa saja mengorbankan rumah atau lahan warga.

Baca Juga : Pasca Banjir, Pemkot Kendari Gelar Rakor Penanganan Bencana Banjir

“Berkaitan hutan kita bicara hilir dan hulu kita bicara sumber dan akhir, bicara sumber itu kewenangan provinsi dan disana ada prilaku warga yg bermukim dekat hutan atau prilaku perambahan hutan. Apapun langkah yg akan dilakukan pemerintah nantinya haruslah bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya hutan,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (16/5/2017).

Sebab sejauh ini terangnya, kesadaran warga untuk menjaga hutan masih sangat minim. Untuk itu ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan lanjut politisi Partai Golkar ini yakni, melakukan identifikasi tingkat kerusakan hutan, memperkuat masyarakat disekitar hutan serta tidak boleh ada toleransi bagi masyarakat yang bermukim di kawasan hutan.

Baca Juga : Ini Penjelasan Walhi Soal Penyebab Banjir Kendari

Selain itu membina masyarakat yang bermukim dekat hutan tuturnya, dengan memberi ruang untuk mncari nafkah tanpa hrs mngandalkan hasil dari hutan atau kebun dari hasil merambah hutan. Solusi lain yakni dengan memberikan kompensasi warga yang sdh turun temurun di kawasan hutan dengan lahan yang bisa jadi sumber pencaharian baru.

“Saat ini yang paling penting bagaimana mencari penyebab utama dan sesegera mungkin melakukan antisipasi dini terhadap yang terjadi saat ini. Untuk itu, kami dari DPRD akan mengkomunikasikan dengan Pemkot sehingga tidak terjadi lagi bencana seperti ini, “ujarnya. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com