Tampilan Desktop


Inilah Hasil KAD DPRD Bombana di Yogyakarta dan Lombok
61 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Kajian Antar Daerah (KAD) yang dilakukan anggota DPRD Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Yogyakarta dan Lombok pada November lalu, memberikan gambaran bahwa sektor pariwisata memberikan kontribusi besar dalam menggenjot PAD di dua daerah itu.

Pertukaran cinderamata Pemda BLH DIY dan DPRD Bombana saat melakukan KAD beberapa waktu lalu. (Andi Hasman/ZONASULTRA.COM)

Pertukaran cinderamata Pemda BLH DIY dan DPRD Bombana saat melakukan KAD beberapa waktu lalu. (Andi Hasman/ZONASULTRA.COM)

Anwar dan Arsyad melakukan kajian terkait kebersihan, pendidikan dan pariwisata di Yogyakarta, sedangkan anggota lainnya Andi Wawan Idris melakukan kajian hal serupa di Lombok.

Menurut Anwar, yang menjadi prioritas Pemerintah Kota Yogyakarta adalah sektor pariwisata. Pasalnya, pariwisata di daerah ini sangat cepat menggenjot PAD sehingga daerah tersebut mudah berkembang dan mendatangkan para wisatawan.

“Bidang pariwisata merupakan andalan Pemkot Yogyakarta sehingga mengedepankan fasilitas transportasi terhadap para pengunjung yang akan berkunjung ke daerahnya sehingga nantinya para pengunjung tidak lagi kesusahan transportasi untuk sampai ke tempat wisata yang dituju sehingga PAD dapat meningkat”, ungkap Anwar ditemui Zonasultra.com baru-baru ini.

Sama halnya dengan Yogyakarta, hal serupa juga dilakukan oleh pemerintah Lombok yang lebih mengutamakan bidang pariwisata sebagai penggenjot PAD. Pasalnya bidang pendidikan maupun pertanian di daerah itu terhubung ke sektor pariwisata.

Andi Wawan Idris mengatakan, pariwisata di Pulau Lombok sangat memuaskan karena pariwisata dapat menggenjot PADdengan jumlah yang  fantastis.

Menurut Wawan sapaan akrabnya, ini dikarenakan masyarakat setempat yang sangat bersahabat dan kompak menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan, sehingga wisatawan menjadi betah dan akan sering berkunjung di Lombok.

“Bombana juga sebenarnya dapat menerapkan seperti apa yang ada di Lombok. Bombana punya Pulau Sagori dan juga negeri di atas angin Tangkeno asalkan semua pihak siap mulai dari pemda maupun masyarakat,” ujarnya

Lanjutnya, pariwisata juga mesti didukung transportasi yang memadai untuk mempermudah para wisatawan dalam mengunjungi tempat- tempat wisata.

“Transportasi harus ada untuk mendukung ini semua. Kita mau membuat pengunjung merasa aman, nyaman dan pastinya menjadi betah. Oleh karena itu, kita juga mesti menyediakan segala fasilitas- fasilitas memadai dan semua tergantung dari kebijakan pemerintah sendiri,” ungkap politisi Gerindra ini.

 

Penulis: Andi Hasman

Editor: Jumriati

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com