Tampilan Desktop


Jelang Idul Adha, Pemuda Butur Bersihkan Masjd
91 Dibaca

Terlihat anggota Gabpenli dan Lurah Bonelipu (Baju Biru) saat membersihkan dan mengecat dinding Masjid di Desa Kapoenta, Minggu (4/9/2016). Foto : Darmawan/ZONASULTRA.COM

Terlihat anggota Gabpenli dan Lurah Bonelipu (Baju Biru) saat membersihkan dan mengecat dinding Masjid di Desa Kapoenta, Minggu (4/9/2016). Foto : Darmawan/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Wujud konsisten akan pentingnya kebersihan lingkungan puluhan pemuda yang tergabung Generasi Buton Utara Pencinta Lingkungan (Gebpenli), melakukan kegiatan bakti sosial dengan membenahi Masjid Hasbiqul Hairaq di Desa Kapoenta Kelurahan Bonelipu, Kecamatan Kulisusu, Minggu (4/9/2016).

Kerja bakti dengan membersihkan rumah ibadah, selain wujud kepedulian akan kebersihan juga tak lain karena semakin dekatnya Hari Raya Idul Adha. Sehingga, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat bisa beribadah dengan nyaman.”Sengaja kami memilih Masjid karena sudah dekat lebaran Idul Adha,” terang ketua Gabpenli, Heri Sidin ditemui di tempat lokasi bakti sosial.

Diungkapkannya, sejak dibentuk tahun 2015 lalu, Gebpenli sudah tiga kali melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan, yakni di Desa Kadacua, Wasalabose dan ketiganya Kapoenta itu sendiri. Kegiatan seperti ini, sambung dia, akan terus dikampanyekan sehingga masyarakat merasa terpanggil untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Kegiatan kali ini terfokus pada pembersihan rumah ibadah (Masjid) dan lingkungan masyarakat,” imbuhnya.

Selain anggota dari Gabpenli, gerakan bersih-bersih rumah ibadah ini, juga melibatkan masyarakat setempat. Bahkan, Lurah Bonelipu, Ja’war dan anggota Koramil 04 Kulisusu, Serda Husni terlibat dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pengamatan awak media ini, selain melakukan pembersihan dan pengecetan tembok Masjid, mereka juga memasang terpal sebagai plafon  dalam Masjid itu.

Kegiatan bakti sosial ini, tambah dia akan terus berlanjut di Butur. “Teman-teman juga kan pada sibuk semua. Tinggal bagaimana kita mengatur waktu untuk kegiatan selanjutnya,”ujar pria yang bekerja sebagai tenaga magang di sekretariat DPRD Butur.

Lurah Bonelipu, Ja’war saat ditemui di sela-sela bakti sosial itu menyampaikan apresiasinya kepada kumpulan anak muda ini, karena telah berkontribusi dalam menjaga dan membersihkan rumah ibadah.

“Alhamdulillah, berkat bantuan adik-adik dari Gebpenli, Masjid Hasbiqul Hairaq ini sudah berubah wajahnya, tembok-temboknya langsung cat,” pungkas Ja’war sambil tersenyum.

Tindakan yang dilakukan Gebpenli tersebut, menurut Ja’war akan menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan lainnya, termasuk warga Bonelipu agar menjaga kebersihan lingkungan dan khususnya rumah ibadah. (B)

 

Reporter : Darmawan
Editor : Kiki

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com