Tampilan Desktop


Jelang Peringatan HANI, BNNP Sultra Gelar Baksos di Kampung Narkoba
45 Dibaca

Jelang Peringatan HANI, BNNP Sultra Gelar Baksos di Kampung Narkoba

BAKTI SOSIAL – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat berfoto bersama dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam kegiatan penyuluhan dan bakti sosial di kampung narkob di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Minggu (5/6/2016). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni mendatang, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar penyuluhan dan bakti sosial di kampung narkoba, di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Minggu (5/6/2016).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra, Harmawati mengatakan, tujuan dari penyuluhan dan bakti sosial ini merupakan bagian dari bukti keseriusan pihaknya dalam mencegah peredaran penyalahgunaan narkoba di Kota Kendari, khususnya di Kampung Salo yang dikenal sebagai kampung narkoba.

“Jadi hari ini kita ada tiga rangkaian kegiatan, yakni sunatan massal, pemeriksaan golongan darah dan penyerahan sembako serta pakaian layak pakai. Sumbangan ini merupakan sumbangan dari internal BNNP Sultra, yang secara gotong royong menyumbang,” terangnya.

Menurut dia, Kampung Salo dipilih sebagai lokasi penyuluhan dan bakti sosial berdasarkan hasil pertemuan dengan Asosiasi Relawan Perguruan Tinggi Anti Narkoba (Artipena) serta tokoh masyarakat dan masyarakat pada April lalu.

“Masyarakat meminta kalau bisa disini (Kampung Salo) diadakan sunatan massal, jadi setelah kita koordinasi ternyata betul masih banyak anak-anak yang belum disunat. Saya juga koordinasi dengan kepala Puskesmas Kandai dan dia bilang itu lebih baik bu, makanya kita pilih disini, apalagi ini kan mau ramadhan. Ahamdulillah kita lihat sendiri bagaimana antusias masyarakat, kita hanya koordinasi dengan lurah dan camat, ketua LPMnya,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Kampung Salo, M. Ibrahim Muis memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap masyarakat bisa mendapatkan pemahaman serta pengetahuan tentang bahaya narkoba dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Jadi kegiatan ini sebenarnya untuk memberikan semacam edukasi kepada masyarakat, sejauh mana masyarakat itu mengetahui arti pentingnya penyalahgunaan narkotika ini. Dan Alhamdulillah semua elemen masyakarat yang ada di kelurahan ini sangat antusias,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, ratusan masyarakat Kampung Salo begitu antusias dalam mengikuti kegiatan bakti sosial ini. Tidak hanya orang dewasa yang ingin melakukan tes darah maupun antri mengambil bantuan sembako, sejumlah anak kecil juga terlihat antusias menunggu antrian sunatan massal. (B)

 

Penulis: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com