Jelang Pilgub Sultra, KPU Mubar Rekrut 169 PPDP

8
Komisioner KPU Mubar, Divisi Sosialisasi SDM dan Parmas, Muhamad Taufan
Muhamad Taufan

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar), merekrut 169 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di daerah itu dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan berlangsung pada bulan Juni 2018 mendatang.

Komisioner KPU Mubar, Divisi Sosialisasi SDM dan Parmas, Muhamad Taufan
Muhamad Taufan

Anggota KPUD Mubar Muhamad Taufan mengatakan, jumlah PPDP pada Pilgub Sultra lebih banyak dibanding saat Pilkada Mubar lalu yang hanya 119 orang. Penambahan jumlah PPDP ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pemutakhiran data pemilih.

“Ini arahan dari KPUD Provinsi Sultra. Tujuannya agar proses pemutakhiran data pemilih mudah, cepat dan data yang dihasilkan berkualitas. Sebab kalau mengacu pada Pilkada Mubar lalu, satu PPDP mendata sampai 800 wajib pilih. Sekarang ini satu PPDP hanya mendata sekitar 400 wajib pilih. Jadi setiap desa, PPDP nya bervariasi antara satu hingga tiga orang, tergantung jumlah wajib pilih di desa tersebut,” jelas Taufan saat ditemui di ruang kerjanya Rabu, (10/12/ 2018).

Dia juga mengatakan, perekrutan PPDP di seluruh desa telah dilakukan. Nama-nama mereka pun saat ini sudah disetor oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kantor KPUD Mubar.

“Nanti tanggal 17 Januari 2018 mereka ini akan bintek di kantor KPUD Mubar, kemudian melakukan pendataan pemilih selama satu bulan,” ujarnya.

Taufan berharap PPDP yang baru direkrut itu dapat bekerja maksimal, sehingga data yang dihasilkan lebih baik. Tambah dia, yang harus diperhatikan oleh PPDP ialah pendataan pemilih pemula dan pemilih pensiunan TNI/Polri serta yang sudah meninggal dunia.

“Ini kadang sering terjadi kesalahan. Makanya PPDP dalam mendata harus betul-betul teliti, supaya datanya lebih akurat. Untuk memperoleh data akurat dukungan semua pihak sangat dibutuhkan. Baik itu dukungan dari masyarakat, pemdes dan dinas kependudukan dan pencatatan sipil Mubar”,harapnya.

Di tempat yang berbeda Ketua PPK Kecamatan Lawa La Maya mengatakan, perekrutan PPDP di wilayah wilayahnya telah tuntas. Kata dia, nama-nama PPDP di Kecamatan Lawa sudah disetor hari ini di KPUD Mubar.

“Jumlah PPDP dari delapan desa/kelurahan di Kecamatan Lawa yaitu 18 orang,” singkatnya. (B)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here