Tampilan Desktop


Kadis Pertanian Koltim Ingatkan Kelompok Tani Gunakan Bantuan Alsintan Sesuai Peruntukkannya
79 Dibaca

kadis-pertanian-koltim-ingatkan-kelompok-tani-gunakan-bantuan-alsintan-sesuai-peruntukkannya

Bantuan Alsintan : Pengadaan bantuan alsintan seperti hand traktor roda empat dan mesin alat tanam dari pemerintah Kolaka Timur. (Foto : Jaspin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Lasky Paemba mengingatkan para kelompok tani di daerah itu untuk memanfaatkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah dengan baik dan dipergunakan sesuai dengan spesifikasinya.

“Para petani ini juga kadang-kadang banyak yang nakal, kita kasih bantuan pupuk untuk sawahnya, malah dia pakai untuk di kebunnya. Kalau itu kita dapat, saya akan memberikan teguran dan sanksi. Kemudian jangan ada lagi yang bayar-bayar, seperti pengurusn proposal bantuan untuk mendapatkan Alsintan,” ungkap Lasky ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10/2016).

lasky-paemba

Lasky Paemba

Menurut Lasky, bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah begitu luar biasa. Tahun ini ada bantuan hand traktor sebanyak 81 unit, 63 unit dari Kementan dan 18 unit dari DPR RI melalui dana aspirasi.

“Tahun ini juga ada bantuan alsintan seperti hand traktor roda empat sebanyak 4 unit, mesin alat tanam sebanyak 20 unit. Belum lagi bantuan lainya seperti bantuan bibit dan pupuk yang sangat luar biasa banyaknya. Oleh karena itu, ini harus dimanfaatkan dengan sangat baik,” tuturnya.

Lasky juga akan menindak tegas kelompok tani yang memasukkan proposal untuk mendapatkan bantuan, apalagi sampai membayarkan sejumlah uang kepada oknum tertentu.

“Ketika saya dapatkan ada kelomok tani memasukkan proposal permohonan bantuan, baik itu alsintan dan lain sebagainya, saya pastikan bantuan tersebut saya akan langsung tarik,” tegasnya. (C)

 

Reporter : Jaspin
Editor    : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com