Kapolres Muna : Rakyat Sejahtera Jika Kamtibmas Tewujud

0
Ilustrasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Polres Muna dan Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) berkomitmen untuk saling mendukung dalam peningkatan kesejahteraan rakyat di wilayah itu. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah tersebut harus tercipta

Ilustrasi
Ilustrasi

Hal itu diungkapkan Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga dalam kunjungan kerja di Butur.

Menurutnya, setiap pemerintah daerah, tentu memiliki program untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Olehnya, pihaknya telah menyiapkan diri untuk mendukung program tersebut.

“Kami siap mendukung program-program dari Pemda Butur. Kami punya kekuatan, punya kemauan, kami juga ingin supaya masyarakat bisa sejahtera, karena kalau masyarakat sejahtera, maka tentunya kamtibmas akan terwujud,” tuturnya, Jumat (3/11/2017).

Bupati Buton Utara Abu Hasan menyambut baik keinginan Kapolres Muna itu. Karena itu sejalan dengan visi yang telah dicanangkan pemerintahannya, yakni menjadikan butur yang aman, berbudaya, dan religius.

Ia meyakini bahwa aspek keamanan ini merupakan salah satu kebutuhan yang cukup mendasar dalam beraktifitas. Mantan kepala biro humas pemprov Sultra menambahkan, semakin aman suatu wilayah, maka upaya untuk mencapai kesejahteraan pun akan semakin mudah, begitupun sebaliknya.

“Kita tahu bahwa, tanpa keamanan, kita tidak bisa mewujudkan visi yang baik. Beribadahpun kita tidak tenang kalau tidak aman, apalagi kita mau mewujudkan janji politik dan janji-janji ekonomi kepada rakyat. Tidak mungkin bisa kita lakukan tanpa rasa aman,” kata Abu Hasan.

Bicara aman di era modern ini, lanjut dia, tidak hanya sekedar bebas dari bahaya dan ancaman, akan tetapi lebih luas lagi, termasuk lahan dan pangan. Terkait dengan program prioritas, pihaknya saat ini sedang fokus di sektor pertanian, yakni pengembangan pangan organik.

“Jadi konteks keamanan terus berdinamika. Dulu secara kondisional, aman itu artinya bebas dari bahaya bebas dari ancaman, sekarang tidak, konteksnya lebih luas lagi. Kita harus bisa mangamankan lahan kita, kita harus bisa mengamankan pangan kita agar tidak mengalami krisis,” terangnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here