Tampilan Desktop

Kawal Kebhinekaan, MUI dan Polda Sultra Sepakat Jaga Kantibmas
29 Dibaca

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar silaturrahmi bersama Polda Sultra di Gedung Islamic Centre Kendari

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar silaturrahmi bersama Polda Sultra di Gedung Islamic Centre Kendari, Selasa (29/11/2016) sebagai upaya mengawal kebhinekaan dan menjaga ketentraman antar umat beragama. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai upaya mengawal kebhinekaan dan menjaga ketentraman antar umat beragama, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar silaturrahmi bersama Polda Sultra di Gedung Islamic Centre Kendari, Selasa (29/11/2016).

Ketua Umum MUI Sultra, Mursyiddin mengungkapkan, dirinya sangat prihatin dengan berbagai permasalahan antar umat beragama yang terjadi saat ini. Menurut dia, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu ada sinergi dengan pihak kepolisian guna mencari solusi untuk mengawal kebhinekaan, serta mempertahankan keamanan, dan keutuhan negara NKRI, khususnya di Sulawesi Tenggara.

“Kita perlu kerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengetahui bersama titik kerawanan sosial dan kerawanan akidah agar dilakukan pembinaan,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris MUI, Suprianto menambahkan, kegiatan itu merupakan lanjutan dari komitmen-komitmen atau kesepakatan di tingkat pusat, kemudian harus direalisasi pada masyarakat di daerah masing-masing.

“Dan kita disini mensosialisasikan bahwa, tidak ada regulasi yang menyertai antara ulama dan umaroh (pemerintah) karena memang memiliki visi yang sama, yaitu mengawal kebhinekaan dan menjaga NKRI,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Sultra, Agung Sabar Santoso mengapresiasi semangat MUI Sultra. Diakuinya, pihaknya kesulitan menghadapi permasalahan umat, tak tanggung-tanggung ia mendatangi MUI untuk mencari solusi.

“Kalau bingung hadapi umat, saya ke MUI,” tuturnya saat memberikan penjelasan dalam acara silaturrahmi di gedung Islamic Centre, Selasa (29/11/2016).

Untuk itu, Agung berharap agar solidaritas antara Polisi dan MUI dapat terjaga, guna menjaga ketertiban dan keamanan bersama. Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kecerdasan dalam menyikapi setiap permasalahan. Dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan lingkungan. (B)

 

Penulis : Irsan Rano
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com