Tampilan Desktop



Kecamatan Kendari Juara 1 Lomba Masak
68 Dibaca

PKK Kecamatan Kendari Juara 1 Lomba Masak

Juara Satu- Ketua Penggerak Pkk Kecamatan Kendari didampingi Camat Kendari (tengah) dan peserta lomba saat usai menerima piala di Taman Kota Kendari, Kamis (15/12/2016). (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim Penggerak PKK Kecamatan Kendari berhasil meraih juara satu dalam lomba cipta menu masakan beragam, berisi, seimbang, dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, yang diselenggarakan oleh Kantor Ketahanan Pangan Kendari Bekerja sama dengan tim penggerak PKK setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kemaraya, Novianti Amin sangat bersyukur atas prestasi yang mereka peroleh. Hal itu, lanjut dia, tentunya berkat adanya kerja sama dari semua pihak, khususnya para peserta yang ia pimpin itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk menampilkan menu terbaik, tentunya perlu persiapan yang matang. Olehnya itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi pengolahan bahan-bahan masakan yang berbasis sumber lokal, lalu kemudian melakukan seleksi tingkat kelurahann pada bulan mei 2016 lalu. Sehingga tim dari kelurahan Kendari Caddi berhasil meraih predikat terbaik.

“Jadi, mereka ini juara satu tingkat kelurahan, adanya lomba ini, bisa menjadi ajang mereka untuk tampil dan mendapat pengalaman baru,” kata dia saat ditemui usai kegiatan, Kamis (15/12/2016).

Perihal kesiapan untuk mewakili kota Kendari untuk berkompetisi di tingkat propinsi, Novianti mengakui ada tantangan tersendiri. Sehingga pihaknya semakin giat mencari sumber pangan baru, untuk kemudian diolah dan dikembangkan.

“Akan kami cari ide-ide baru, menciptakan menu yang tidak disangka-sangka. Diupayakan bahannya sederhana tetapi kelihatan mewah dan diterima oleh semua kalangan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kecamatan Kendari meraih peringkat pertama dengan nilai 322,49, kemudian menyusul Kecamatan Wua-wua dengan nilai 320,19, dan peringkat tiga sukses diraih oleh Kecamatan Poasia dengan mendapatkan nilai 315,4.

Penilaian dilakukan oleh Ahli gizi dari Poltekes Kendari, Balai POM Kendari, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan setempat. Untuk penilaian, Tim menilai berbagai aspek dari menu makanan yang ditampilkan, mulai dari kesehatan, gizi, kebersihan, keindahan, dan lain sebagainya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com