Tampilan Desktop

Kemarau Panjang, Picu Pertambahan Penduduk Miskin Di Sultra
150 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kemarau panjang yang terjadi di tahun 2015 lalu memicu kenaikan penduduk miskin di Sulawesi Tenggara.

Kemarau Panjang, Picu Pertambahan Penduduk Miskin Di Sultra

Ilustrasi

Dari data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra), secara makro dari bulan Maret sampai September 2015 angka kemiskinan di Sultra meningkat 13,74 persen atau 345,02 ribu orang.  Dibandingkan dengan penduduk miskin pada Maret 2015 yang hanya berjumlah 321,88 ribu orang (12,90 persen), dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 0,86 persen atau 23,14 ribu orang selama periode Maret sampai September 2015.

Kapala BPS Sultra Adi Nugroho  mengatakan jumlah penduduk  miskin di Sultra tersebar  di Kota dan Desa.  Untuk pertambahan di Kota sebesar 4,71 ribu orang sedangkan di pedesaan bertambah 18,43 ribu orang.

”salah satu penyebab dari meningkatnya angka ini karena kemarau panjang yang melanda Sultra, namun lebih lanjutnya saat ini kami masih melakukan riset untuk data yang lebih kongkrit,” ungkap Adi Nugroho disela-sela acara berita resmi statistik BPS Sultra, Senin (4/1/2016) di Aula BPS Sultra.

Indikator kemiskinan yang dikeluarkan oleh BPS  menggunakan konsep kemampuan warga dalam memenuhi kebutuhan dasar makanan yang diukur dari sisi pembelanjaan kebutuhan pokok. Ketika  terjadi kemarau panjang, mau tak mau   berimbas menurunya daya beli warga karena  lonjakan  harga-harga kebutuhan pokok.

Penulis : Ilham Surahmin
Editor   : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com