Tampilan Desktop


Kembangkan Wisata Air Panas Wawolesea, Konut Keciprat Dana APBN Rp 1,8 Miliar
92 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah fokus mengembangkan destinasi wisata terpadu “Segitiga Berlian”, yang merupakan julukan bagi tiga destinasi wisata favorit di Konut, yaitu permandian air panas Wawolesea, Pantai Taipa dan wisata Labengki.

wisata permandian air panas Wawolesea

wisata permandian air panas Wawolesea

Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Riyanto mengakui, keberadaan wisata permandian air panas Wawolesea selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat, khususnya pengembangan infrastruktur.

Bahkan sejak Konawe Utara mekar dari Kabupaten Konawe pada 2007 lalu, Pemkab Konut tidak pernah sekalipun menganggarkan pengembangan wisata permandian air panas Wawolesea.

Namun, tahun ini pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp.1,8 miliar melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan infrastrutur wisata air panas Wawolesea.

“Itu satu-satunya anggaran ditempatkan disini (Wawolesea) melalui DAK,” kata Yade Riyanto usai menghadiri acara pembubaran panitia Festival Konasara di wisata air panas Wawolesa, Jumat (3/6/2016).

Yade menambahkan, dana Rp. 1,8 miliar tersebut diperuntukan untuk pembangunan tempat pertemuan, pusat kuliner, pusat jajanan, informasi pariwisata, tugu selamat datang, vila, gasebo dan tanggul pengaman air panas.

Meski telah mendapatkan anggaran dari pusat, Yade menganggap fasilitas yang ada masih kurang. Untuk itu, pada 2017 mendatang, dirinya meminta kepada pemerintah setempat untuk memberikan perhatian kepada instansi yang dipimpinnya itu.

Selain tiga tempat wisata tersebut, pihaknya juga akan mengembangkan wisata penopang yang berada di daerah Linomoyo dan Wiwirano. (B)

 

Penulis : Murtaidin
Editor  : Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com