Tampilan Desktop


Konsel Kekurangan Sapi Jantan Pasca Perayaan Idul Adha
66 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), kekurangan sapi jantan pasca perayaan Idul Adha tahun ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Konsel, Syamsul

Syamsul

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Konsel, Syamsu, mengatakan, kondisi ini dilakibatkan oleh banyaknya permintaan hewan kurban baik dari luar maupun dalam kota, saat perayaan Idul Adha beberapa bulan lalu.

Ia mengungkapkan bahwa pada perayaan Idul Adha terdapat total kurang lebih 1063 ekor sapi yang terpotong.

“Pada perayaan Idul Adha kemarin rata-rata yang dipotong sapi jantan yang begitu bagus gemuk, dan memenuhi standar pejantan,” kata Syamsul kepada zonasultra. Sabtu (23/9/2017).

Hal ini tentu membuat produktivitas sapi di daerah itu menjadi tidak stabil, karena terjadi ketidak seimbangan antara populasi sapi pejantan dan betina.

Untuk mengatasi hal ini, Syamsul mengaku, pihaknya telah melakukan tindakan dengan melakukan perbaikan percepatan inproduksi Inseminasi Buatan (IB), sehingga percepatan pengganti penyediaan sapi pejantan dan indukan terus berjalan secara terukur dan maksimal.

“Kita mengharapkan dengan kawin alam maupun dengan kawin suntik IB dapat menjadi pemicu dalam rangka peningkatan populasi pasca perayaan,” ungkapnya.

Meski begitu, tambah Syamsul, pasokan kebutuhan daging di daerah masih tergolong stabil hingga saat ini. Pasalnya permintaan daging pasca lebaran juga mengalami juga penurunan yang drastis dan kondisi populasi sapi di Konsel masih baik.

Olehnya itu, dinas PKH Konsel menyatakan belum mengalami kendala yang berarti terkait pasokan daging. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free