Tampilan Desktop

KPK Akan Usut Proyek PLN Mangkrak, Salah Satunya di Sultra
371 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Syarif menyatakan akan mengusut proyek Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mangkrak di sejumlah daerah di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Syarief

La Ode Muhammad Syarif

“Bu Basaria bilang kemarin, kalau ada laporan lalu kita lihat bahwa beberapa proyek itu bermasalah, pasti akan kita selidiki,” ujar Laode Syarif, Jumat (4/11/2016).

Terkait tahap dan hasil penyilidikan proyek mangkrak tersebut, Laode belum bisa menyampaikan semuanya. “Itu menjadi perhatian KPK,” jelas Komisioner KPK asal Sultra ini.

Lembaga anti rasuah ini sendiri memang memfokuskan kasus-kasus korupsi, salah satunya adalah sumber daya dan energi. Beberapa proyek yang mangkrak terkait itu akan menjadi perhatian dan fokus KPK.

Untuk diketahui, bahwa Komisi VII DPR telah menggelar rapat tertutup dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dan Direktur Utama PT. PLN. Dari rapat tersebut terkuak sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dibeberapa wilayah di Indonesia mengalami kegagalan alias mangkrak.

Salah satunya adalah PLTU yang ada di daerah Sulawesi Tenggara (Sultra). PLTU Kendari dengan kapasitas 2×25 MW, Konsorsium/SPC: RPP Infra Project Ltd, PT Truba Alam Manunggal Engineering, Tbk, KSK Energy Ventures Ltd.

Tanggal Power Purchase Agreement/Letter of Intent (PPA/LOI): LOI 17 Juli 2012.  Sedangkan tanggal pemutusan kontrak 3 Juli 2013. LOI dibatalkan karena Konsorsium tidak bisa membentuk SPC. (A)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com