Tampilan Desktop


KPU Terima Empat Berkas Paslon Konsel
13 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), telah menerima berkas tambahan sebagai syarat administrasi tiga pasangan calon (Paslon) yang menggunakan pintu partai politik (Parpol) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember mendatang. Sementara, balon yang menggunakan jalur independen (perseorangan) juga menyerahkan sedikitnya 14.407 syarat dukungan tersebut

Divisi Tekhnis KPU Konsel, Sutamin Rembasa mengatakan meski telah menerima berkas, pihaknya masih akan melakukan penelitian dan klarifikasi berkas syarat administrasi paslon.  

“ Jadi, hari Kamis (7/8/2015) merupakan hari terakhir penyerahan berkas pasangan calon yang dalam masa perbaikan dan semuanya telah menyerahkan. Untuk selanjutkan akan kami teliti dan klarifikasi hingga tanggal 14 Agustus 2015,” terangnya.

Untuk pasangan independen Rusmin Abdul Gani dan Muhlis (Beramal), tambah Sutamin, belum memenuhi atau tidak memenuhi syarat lima hari masa perbaikan yang telah diberikan. Karena berdasarkan PKPU nomor 9 tahun 2015 bahwa pasangan independen harus memenuhi syarat jumlah dukungan dua kali lipat dari kekurangan tersebut.

“ Kemarin, setelah dilakukan verifikasi faktual ternyata masih kurang sebanyak 6.385 suara, nah untuk itu harus menyerahkan sedikitnya 12.770 syarat dukungan kepada kami dan hari ini mereka juga telah menyerahkan itu,” bebernya

Sementara itu, Ketua LO Beragam, Apsar Yasin Togala mengatakan pihaknya telah menyerahkan sebanyak 14.407 syarat dukungan kepada KPU. Pihaknya telah mengumpulkan dukungan selama kurang lebih seminggu.

“tim kami yang tersebar dimasing-masing kecamatan dan tim yang ada ditiap desa itu bekerjasama untuk mengumpulkan kartu indentitas tersebut sehingga yang terkumpul sebanyak 14.407,” ujarnya

Meski mendapat banyak kendala, lanjut Apsar, pihaknya optimis paslon yang mereka dukung bisa lolos. Apalagi setelah menyerahkan 2x lipat dari syarat dukungan itu.

“Kendala dilapangan kadangan-kadang masyarakat itu harus ada transaksi sementara kita tidak berikan itu. Olehnya itu, kami  sosialisasikan bahwa KTP  itu untuk partisipasi masyarakat memberikan kami syarat dukungan, persoalan pilihan itu terserah mereka dan kami sangat optimis bahwa akan lolos dipilkada ini,” jelasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com