Tampilan Desktop

Kupon Retribusi Restoran Beredar di Parkiran
92 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU– Kopun retribusi untuk restoran ditemukan marak digunakan untuk restribusi parkiran kendaraan di kota Baubau. Hal itu terungkap dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Baubau, Rabu (30/9/2015) yang dipimpin Wakil ketua DPRD Kota Baubau, Aris Marwan Syahputra.

Anggota DPRD Kota Baubau, Fajar Ishak Deng Jaya, mengatakan hal itu tentu saja sangat disayangkan. Ia pun meminta pihak terkait agar segera turun ke lapangan.

“Mungkin karcis yang beredar tersebut salah cetak, mestinya Perda Nomor 21 Tahun 2012 bukan Perda nomor 12 Tahun 2012. Sebab bila Perda Nomor 12 itu terkait retribusi Restoran bukan retribusi parkir,” kata Fajar.

Dikatakan Fajar, jika retribusi yang dipungut itu masuk dalan pendapatan daerah tidak menjadi soal, namun sangat disayangkan jika selama ini kupon tersebut dimanfaatkan oknum yang hanya mementingkan kepentinga pribadinya.

“Saya sudah meminta kepada kawan-kawan di dewan untuk mengagendakan rapat dengar pendapat, kita akan mempertanyakan kepada dinas yang terkait jangan sampai kerja yang tidak profesional akan disoroti masyarakat dengan dalil salah cetak,” kata legislator Hanura ini.

Ditempat terpisah, Sekretaris Dinas Pendapan Daerah Kota Baubau, Asrahu, mengaku heran jika betul ada kupon yang beredar di parkiran dengan menggunakan Perda nomor yang berkaitan dengam pajak restoran.

Dikatakannya, tahun 2012 memang ada perda yang berkaitan dengan retribusi diantaranya Perda Nomor 19 retribusi Perparkiran kendaraan, nomor 20 Retribusi parkir bahu jalan dan nomor 21 tentang retribusi parkir khusus.

“Boleh jadi salah cetak kupon, seharusnya nomor 21 bukan 12. Karena ketika ditelusuri sampai ke bidang evaluasi dan pelaporan kupon yang ada sekarang adalah Perda Nomor 21,” ujarnya.

Pihak Dispenda berjanji akan menelusuri hal ini. Namun untuk saat ini seluruh retribusi ditangani istansi terkait. Dan dari data pendapatan daerah per bulan Agustus 2015, untuk retribusi parkir sudah mencapai 68 persen atau sebesar Rp.75.119.000 dari target realisasi tahun 2015 sebesar Rp.110 juta.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com