Tampilan Desktop



La Bakry : Semua SKPD Harus Sukseskan Festival Budaya Tua Buton
27 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton La Bakry, meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyukseskan Festival Budaya Tua Buton ke – 5 pada 19 – 24 Agustus 2017 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton La Bakry

La Bakry

Hal itu dikatakan La Bakry dalam rapat bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), terkait persiapan dan pemantapan pagelaran Festival Budaya Tua Buton di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Selasa (1/8/2017).

Pada kesempatan itu juga, La Bakry menyampaikan pesan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun yang kini menjalani masa tahanan di Jakarta, bahwa kualitas Festival Budaya Tua Buton kali ini harus lebih ditingkatkan lagi.

“Meskipun Pak Bupati tidak bersama kita, tapi semangatnya empat tahun ini ada bersama kita,”ucap La Bakry.

Sehingga mestinya semangat itu menular kepada semua SKPD dan seluruh jajaran PNS se Kabupaten Buton, bukan hanya kepada dirinya sebagai Wakil Bupati.

” Kita di sini adalah orang-orang yang diberi amanah dan tanggungjawab, untuk membantu kepala daerah dalam rangka memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah ini.

Dikatakannya, Festival kali ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Hanya saja, khusus pada tari kolosal akan mengangkat tarian budaya tua Buton yang selama ini hampir tidak punah. Adapun tarian tersebut yakni Tari Popana, Kaleko, dan Wandorigi.

“Tarian-tarian ini sekarang hampir tidak kita dengar, kalaupun ada yang dengar hanya sebagian orang saja,” jelasnya.

Kembali muncul tarian-tarian yang hampir punah itu, menurut La Bakry, merupakan hasil positif dari Festival Budaya Tua Buton selama ini. Pekande-Kandea, Pidole-dole, Posuo, Tandaki, dan tenun merupakan penyempurna untuk mengangkat kembali budaya tua Buton yang selama ini hampir memudar atau terlupakan oleh generasi sekarang.

Untuk itu, mewakili Samsu Umar Abdul Samiun, La Bakry berharap mulai 3 Agustus 2017 semua SKPD sudah harus standby menyukseskan kegiatan di alun-alun Kompleks Perkantoran Takawa. Karena itu, semua kekurangan-kekurangan yang terjadi tahun lalu sedapat mungkin disempurnakan tahun ini. (B)

 

Reporter : Nanang Suparman
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free