Tampilan Desktop



Lagi, Pemkab Konut Salurkan 7.500 Kartu BPJS Kesehatan
89 Dibaca

Lagi, Pemkab Konut Salurkan 7.500  Kartu BPJS Kesehatan

PENANDATANGANAN MoU – Bupati Konawe Utara Ruksamin didampingi Wakil Bupati Konut Raup bersama Kepala BPJS cabang Konut, Zulkifli melakukan penandatanganan MoU untuk penyaluran kartu BPJS gratis kepada masyarakat, Jumat (24/3/2017. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggaran (Sultra) tahun ini akan menyalurkan sebanyak 7.500 kartu Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS) Kesehatan kepada masyarakat setempat.

Hal ini dibuktikan dengan penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara Pemkab Konut dan BPJS Kesehatan cabang Konut di aula pertemuan Konasara, Jumat (24/3/2017).

Program yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut sebesar Rp 5 miliar itu merupakan tahap kedua. Sebelumnya pemerintah setempat melalui dinas kesehatan (Dinkes) juga telah menyalurkan sebanyak 15 ribu kartu BPJS. Kartu yang diperuntukkan bagi masyarakat Konut secara gratis itu masuk kategori kelas lll dengan iuran Rp 23 ribu per bulan setiap kartu.

(Baca Juga : Pemkab Konut Alokasi Dana BPJS Kesehatan Sebesar Rp.2,07 M)

Bupati Konut Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, pemberian kartu BPJS gratis adalah bentuk upaya kerja pemerintah Ruksamin-Raup dalam meningkatan mutu pelayanan dan memberikan  jaminan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Bukan hanya sekedar kartu BPJS yang kita tanggung iurannya. Tapi jaminan kesehatan seluruh masyarkat Konut adalah tanggung jawab pemerintah,” kata Ruksamin.

Kepala BPJS Konut Zulkifli mengatakan, dari seluruh jumlah penduduk Konut sebanyak 76 persen telah memiliki kartu BPJS gratis. Sementara 24 persen kini masih dalam pendataan oleh pihak instansi terkait.

Dalam pendaftaran kartu BPJS, lanjut Zulkifli pihaknya merasa kesulitan karena masyarakat yang datang melakukan registrasi di BPJS Konut tak diketahui oleh pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan tempat mereka berdomisili. Padahal, seharusnya hal tersebut terlebih dahulu mendapat rekomendasi dari pemerintah di masing-masing wilayah.

(Baca Juga : Bupati Konut Serahkan 15.000 Kartu BPJS Kesehatan Kepada Masyarakat)

“Penambahan kartu BPJS sudah dicetak dan siap didistribusikan. Kami harap langkah selanjutnya pihak pemerintah terkait baik itu dari puskesmas, desa, kelurahan dan kecamatan bisa lebih maksimal lagi agar barjalan baik dalam proses pendaftarannya,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kadinkes Konut Nurjannah Efendi mengatakan, dalam penyaluran kartu BPJS gratis pihaknya melibatkan 22 puskesmas yang ada di wilayah itu untuk diberikan kepada masyarakat. Selanjutnya pihaknya akan lebih memperketat dalam pendataan penduduk agar proses penerbitan kartu BPJS tak berlarut-larut.

“Masalah anggaran untuk kartu BPJS gratis ini siap, hanya sering terkendala diproses pendataan sampai pendaftarannya,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free