Tampilan Desktop



Lantik Ratusan Pejabat Eselon, II, III, Dan IV, Bupati Butur: Tidak Mampu Pasti Diganti
710 Dibaca

Lantik Ratusan Pejabat Eselon, II, III, Dan IV, Bupati Butur: Tidak Mampu Pasti Diganti

Pelantikan Eselon – Bupati Butur Abu Hasan sedang membacakan sumpah jabatan kepada pejabat eselon I, II, dan III lingkup pemda Butur. Pelantikan tersebut diikuti sebanyak 282 orang pejabat.(Irsan Rano/ZONSULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan melantik 282 orang pejabat struktural eselon II, III, dan IV di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) setempat di Aula Bappeda setempat, Jumat 20/1/2017) sore.

Dia mengumpamakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)nya dengan permainan sepak bola, para pemain yang tidak mampu bermain dengan baik akan diganti oleh pemain yang baru.

Abu Hasan mengatakan, dalam mengemban amanat sebagai pejabat daerah, tentunya para birokrasi dituntut untuk bekerja lebih produktif. Ibarat tim sepak bola, lanjut dia, walaupun pemainnya hanya 12 orang, tapi biasanya dalam kesebelasan itu ada 20 orang, dan delapan untuk cadangan.

“Begitu beberapa menit berjalan permainan, ada yang melakukan pelanggaran, ada yang pingsan, ada yang tidak kuat, maka akan kita ganti dengan pemain cadangan. Hendaknya pemain dapat mencetak gol,” ujarnya.

Apabila ada pejabat tidak produktif dalam menempati suatu posisi, maka dalam waktu dekat pasti akan geser ke tempat lain, dan menempatkan orang lain yang dapat bekerja lebih baik. Oleh karena itu, ia mengajak para pejabat, agar memiliki rasa tanggung jawab, jangan bermain-main, dan jangan bekerja dengan setengah hati.

Untuk mengukur kemampuan para pejabat, Abu Hasan akan melakukan evaluasi kinerja rutin setiap tahun. Menurutnya, dalam kurun waktu setahun, dirinya sudah dapat menakar sejauh mana kemampuan para perangkat daerah dalam menjalankan program kerja.

“Saya tidak akan menunggu dua tahun, saya tidak akan menunggu tiga tahun, satu tahun cukup untuk kita melakukan evaluasi,” ujarnya

Selain itu, ia juga menghimbau agar dalam bekerja para eselon tersebut lebih mementingkan kepentingan umum, bukan untuk pribadi ataupun golongan. Di tahun ini, Ia berencana untuk keliling di setiap kecamatan bersama para kepala badan atau dinas. Dan dia menegaskan, para pimpinan SKPD yang bersamanya harus mempersiapkan program kerja yang ada di wilayah tersebut.

“Kita harus banyak terjun di lapangan untuk mengetahui apa yang terjadi, jangan hanya bekerja di belakang meja,” pungkas mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu.(B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free