Tampilan Desktop


Lestarikan Sagu, Pemkot Buat Kampung Sagu
65 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mempertahankan ketersediaan bahan baku panganan lokal di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pemerintah setempat akan membuat kampung sagu. Upaya ini dilakukan karena adanya kekhawatiran bahan baku dari makanan tradisional sinonggi ini akan hilang akibat perkembangan kota yang semakin pesat.

“Sebentar lagi saya akan bikin kampung sagu, saya mulai khawatir orang mulai tebang-tebang sagu di kota ini, saya akan bikin di Watulondo, kita akan bikinkan peraturan tata ruangnya agar wilayah itu tidak bisa di konversi menjadi pemukiman”, kata Wali Kota Kendari Asrun, Senin (21/9/2015).

Selain menjaga kelestarian pohon sagu, lanjut dia, kawasan ini juga bisa dijadikan kawasan wisata. Kawasan ini juga akan dilengkapi dengan proses mengolah sagu, termasuk berbagai produk yang sudah dihasilkan dengan bahan baku sagu.

Wali kota menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang sudah meneliti sejumlah produk pangan lokal, seperti sinonggi instant dan kabuto instant.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com