Tampilan Desktop



Libur Lebaran, Pengunjung Wisata Pulau Bokori Capai Ribuan Perhari
122 Dibaca

Pulau Bokori, sultraPulau Bokori

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dibandingkan pada libur hari raya idul fitri tahun lalu, pengunjung wisata Pulau Bokori, Soropia, Kabupaten Konawe tahun ini mengalami peningkatan 50 persen.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Syahruddin Nurdin mengatakan sejak libur hari pertama, Minggu (25/6/2017) pengunjung mencapai ribuan orang per harinya.

Bahkan hal tersebut terbukti dengan banyaknya daftar tunggu pemesanan vila yang ada di Pulau berpasir putih tersebut.

“Ini saja untuk vila sudah ada yang booking tiga hari kedepan,” ungkap mantan Kepala Biro Organisasi Setda Sultra itu, Senin (26/6/2017) malam di Rujab Gubernur.

Kendati demikian padatnya pengunjung itu tak sebanding dengan pemasukkan ke kas daerah, sebab saat ini pemerintah sendiri belum dapat melakukan penarikan retribusi masuk dikarenakan payung hukum yang belum ditetapkan perdanya.

Namun pihaknya hanya dapat melakukan penarikan tarif pada sewa vila yang sudah memiliki payung hukum. Untuk tarif vila pun bervariasi ada Rp. 750 ribu hingga Rp. 1 juta per harinya.

Melihat tingginya animo masyarakat disetiap libur hari besar, dirinya berkomitmen segera menyelesaikan proses perda retribusinya, agar dana retribusi tersebut dapat dialihkan pada pembiayaan kebersihan dan keamanan pantai.

Rencananya selepas lebaran idul fitri tahun ini, perda retribusi masuk wisata akan segera diterbitkan.

“Kebersihan penting begitu juga keamanana, karena kebersihan menyangkut keberlangsungan wisata dan keamanan demi keselamatan pengunjung,” pungkasnya.

Selain itu peningkatan fasilitas dasar seperti air dan listrik akan segera dipenuhi pihaknya guna memenuhi kebutuhan pengunjung selama berada di salah satu wisata yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017 kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler (Most Popular New Destination). (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Rustam

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com