Tampilan Desktop



Mahasiswa Teknik UHO Temukan Alat untuk Pengambilan Data Trafo PLN Secara Online
2150 Dibaca

Mahasiswa Teknik UHO Temukan Alat untuk Pengambilan Data Trafo PLN Secara OnlineTRAFO ONLINE – 3 Mahasiswa Teknik UHO pembuat Smart Monitoring (SMT) besama dosen pembimbing yang menemukan alat Pengambilan data Trafo PLN secara online. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kendala yang kerap kali dihadapi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah proses pengambilan data melalui trafo distribusi yang kurang efisien karena cara yang digunakan untuk pengambilan data dari trafo distribusi tersebut masih manual.

Untuk itu, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menawarkan sebuah solusi untuk menanggulangi kendala tersebut, yakni dengan menciptakan sebuah alat bernama Smart Monitoring (SMT) yang berguna untuk mengetahui kondisi trafo distribusi secara online.

Model Trafo

Model Trafo

“Kami membuat alat ini untuk mempermudah kerja PLN dalam memperoleh data bagaimana kondisi dari trafo distribusi, karena data tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan penambahan daya ataupun pemasangan baru lagi,” ungkap Ketua Tim Pembuat SMT-data, Baharudin, Kamis (13/7/2017).

Dia melanjutkan, alat sendiri bekerja secara online, sehingga nantinya pihak PLN tidak perlu lagi turun ke lapangan untuk mendatangi satu persatu titik di mana trafo tersebut terpasang karena akan memakan waktu yang lama serta biaya yang tak sedikit.

Dengan alat ini, maka proses pengambilan data tak perlu lagi turun ke lapangan, cukup hanya duduk dan memonitoring setiap perubahan trafo. Misalnya dari segi perubahan tegangan yang terjadi tiap detiknya dapat langsung diterima oleh admin secara online.

Salah satu anggota tim yang lain, Barakah Aswad mengungkapkan alat temuan mereka tersebut juga mendapat respon positif dari PLN. Menurut PLN, alat yang mereka temukan tersebut sangat membantu dari segi keamanan data dan biaya. Hanya saja untuk dapat digunakan oleh PLN masih ada beberapa hal yang perlu dikembangkan seperti dari alat-alat yang digunakan, sehingga bisa sampai ke proses produksi.

“Alatnya sudah jadi 100% dan sudah diiji coba oleh PLN. Kurangnya kita itu masalah pengembangan alat. Sarannya supaya alat ini bisa dipakai di PLN harus dikembangkan lagi alatnya,” kata Barakah.

Temuan mahasiswa ini merupakan salah satu hasil dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dinyatakan lolos oleh universitas dan merupakan PKM berbasis teknologi pertama yang dinyatakan lolos di UHO.

Tim pembuat SMT ini teridiri atas tiga orang, yakni Baharudin (mahasiswa Teknik Elektro), Muh. Faidul (mahasiswa Teknik Elektor) dan Barakah Aswad (mahasiswa Pendidikan Vokasi UHO Konsentrasi Komputer), dengan pembimbing dosen Hasmina Tari Mokui. (A)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Jumriati

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

3 Comments

  1. Sendri 14 Juli 2017 at 7:30 am

    Selamat UHO … melahirkan mahasiswa yg berkualitas, nice job ibu dosen Tari Mokui , proud of u, SMANSA 97….Menginspirasiiii

  2. Merry 14 Juli 2017 at 9:22 am

    Bravo bu dosen…terima atas bimbingannya you the best…

  3. Nato Alhaq 14 Juli 2017 at 9:27 am

    Bu Tari Mokui sukses yaaa bersama mahasiswa bimbingannya.
    Tetaplah hebat seperti biasa dan terus menginspirasi….

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free