Tampilan Desktop


Maju di Pilkada, Ketua DPRD Butur Siap Rebut PAN
29 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA- Keiinginan ketua DPRD Kabupaten Buton Utara (Butur) Rukman Basri untuk maju di Pilkada Desember 2015 mendatang rupanya sudah mendapat restu dan dukungan dari orang tuanya, H. Basri yang selama ini dikenal sebagai konglomerat di daerah itu.

Bahkan Rukman yang juga kader PAN ini siap merebut pintu PAN untuk memuluskan pencalonannya. Namun langkah politiknya untuk merebut PAN ini sepertinya cukup sulit karena Ketua DPD PAN Butur, Ridwan Zakariah yang tak lain pamannya sendiri juga dipastikan akan maju dengan kendaraan politik partai berlambang matahari terbit tersebut.
Sebelumnya, Rukman telah mendeklrasikan dirinya akan maju pada Pilkada nanti 17 April lalu. Selain PAN, ia juga mengincar sejumlah partai lain untuk mendukung pencalonannya.
Namun manuver politik Ruksman ini menimpulkan banyak sepekulasi dikalangan masyarakat. Ada yang menganggap bahwa mencuatnya nama Rukman hanya sebagai setingan politik untuk mengantisipasi tak adanya figur lain yang berani melawan calon incumbent Ridwan Zakariah. Ada juga yang menilai sebagai antisipasi jika pamannya (Ridwan Zakariah) akan beruba pikiran untuk tidak mencalonkan diri. Selain itu, muncul juga opini kalau hanya sebagai jalan untuk menaikkan popularitas salah satu calon.
Orang tua Rukman, H. Basri mengatakan apapun keputusan yang diambil oleh anaknya itu merupakan hak yang melekat pada dirinya. Menurut, dia (Rukman) sudah memikirkan dengan matang alasan bertarung pada Pilkada tahun ini. Karena itu, keputusan seratus persen diserahkan kepada anaknya karena sudah mempunyai pemikiran politik yang dewasa.
“Kalau keinginannya untuk maju, saya kira hak dia, sudah bisa melihat dan berpikir dengan matang,” kata Basri di kediamannya, Minggu (10/5/2015) sore.
Menurut Basri, meskipun nantinya akan berhadapan langsung dengan pamannya sendiri, hal itu bisa saja terjadi dan masih dikatakan wajar. Sebab, dalam politik tidak mengenal status hubungan darah. Yang ada hanya kepentingan untuk memperbaiki dan membangun suatu daerah demi kesejahteraan masyarakat Butur.
Jika nanti keduanya maju dalam Pilkada, Basri mengaku akan memilih netral. “Pastinya saya berada ditengah-tengah. Saya persilakan kalian bertarung,” ujarnya.(Darso)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com