Tampilan Desktop


Media Sosial Jadi Alat ISIS Rekrut Generasi Muda
107 Dibaca

ZONASULTRA.COM, YOGYAKARYA– Sekitar 1000 pemuda-pemudi dari komunitas blogger di berbagai daeran dan mahasiswa, berkumpul di Yogyakarta untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2015).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di gedung Yogyakarta Expo Center (JEC) Yogya, dengan mengangkat tema Peran Generasi Muda Dalam Pencegahan Terorisme.

Kepala BNPT RI Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi, Saut Usman Nasution mengatakan, momentum Sumpah Pemuda bisa menyadarkan pemuda untuk menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat ini, ancaman aksi teroris dan radikalisme terhadap keutuhan Negara belum berakhir.

Menurut Saut,organisasi teroris yang paling membahayakan saat ini adalah Islamic State Of Iraq and Syria (ISIS).

“Kelompok Cyber terror saat ini menyasar generasi muda, untuk direkrut menjadi anggota teroris. Saat ini perkembangan radikalisme dan terorisme banyak disebarkan melalui media sosial,” kata Usman dalam dialog pemuda di Yogya Expo, Rabu siang.

Propoganda dan agitasi politik oleh ISIS, lanjut Usman, lebih menakutkan daripada Al Qaida. ISIS secara cerdas memamfaatkan dunia maya, banyak generasi muda ikut ke ISIS melalui media sosial,.

“Ada 12 pemuda asal Indonesia meninggal sebagai pengantin, 4 pemuda yang direkrut ISIS tewas di Irak dan 7 pemuda meninggal dalam medan perang,” imbuhnya.

Saut melanjutkan, akar masalah aksi terorisme dipengaruhi oleh faktor dendam, ketidakadilan, Kesenjangan sosial, kemiskinan, kebijakan yang tidak pro rakyat dan ideologi.

Dialog itu akan menghadirkan dua mantan anggota jaringan terorisme seperti Abdurrahman Ayub dengan materi pengalaman selama menjadi teroris. Kemudian Nasir Abbas dengan materi strategi penangkalan paham radikalisme dan terorisme.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai 30 oktober dibuka oleh Menteri Agama Lukman Syaifuddin.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com