Tampilan Desktop

Mencari Pengganti Rasak
674 Dibaca

Pengganti razak, Asrizal Pratama Putra, Samsuddin Rahim

Asrizal Pratama Putra – Samsuddin Rahim

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Nama-nama legislator asal Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan menggantikan Abdul Rasak sebagai ketua DPRD Kota Kendari mulai bermunculan. Putra Walikota Kendari sekaligus Ketua DPD PAN Kota Kendari, Asrizal Pratama Putra dan Sekretaris DPD PAN Kota Kendari, Samsuddin Rahim disebut-sebut masuk dalam kandidat kuat sebagai pimpinan di DPRD Kota.

Jika merujuk aturan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) tentang pemegang suara terbanyak, Asrizal Pratama Putra menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Abdul Rasak. Sebab rekapitulasi suara, Asrizal Pratama mengekor dari Abdul Rasak dalam peroleh suara pada pemilu 2014 lalu..

Dari sudut pandang ini, Asrizal Pratama Putra berhasil mengumpulkan suara 2.686 disusul Samsuddin Rahim dengan 2.466 suara, Aladin dengan 2.078 suara, Siti Nurhan Rachman dengan 1.948 suara dan Steve Ousten Leonardo Rere dengan 964 suara.

Sementara untuk sudut pandang kedudukan dipartai, nama politisi Syamsuddin Rahim juga memiliki chance menjadi pengganti Abdul Rasak menjadi orang nomor satu di DPRD Kota Kendari. Mengapa demikian ? Sebab saat ini Samsuddin Rahim merupakan sekretaris DPD PAN kota Kendari. Hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi partai matahari terbit tersebut untuk mengusulkannya menggantikan Abdul Rasak.

Dari sisi senioritas Samsuddin Rahim lebih unggul dari senioritas dari putra sulung Walikota Kendari tersebut. Hal ini pula pernah terjadi di DPRD Sulawesi Tenggara. Saat itu Adriatma Dwi Putra harus menerima keputusan Partai yang menunjuk sekretaris DPW PAN Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh sebagi ketua DPRD. Padahal jika dilihat dari perolehan suara Adriatma Dwi Putra unggul jauh dari Abdurrahman Shaleh.

Beberapa anggota DPRD kota Kendari menanggapi beragam perihal pengganti Abdul Rasak. Muhammad Ali contohnya, dia menilai, empat orang kader PAN yang saat ini berada di DPRD Kota Kendari diluar Abdul Rasak memiliki kemampuan dan pengalaman politik yang memadai untuk menjadi ketua DPRD Kota Kendari.

Dirinya berharap siapa pun nantinya yang menjadi pengganti Abdul Rasak bisa menyatukan perbedaan yang ada di DPRD Kota Kendari.

Sebab politisi Golkar ini menyatakan, DPRD Kota Kendari ini merupakan lembaga politik yang memiliki tensi cukup tinggi dalam hal menyatakan pendapat. Jadi dia berpandangan, kedepannya walaupun tidak 100 persen seperti Abdul Rasak, namun penggantinya bisa bertindak seperti ketua sebelumnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh politisi asal PDI Perjuangan, Umar Bonte. Dia menyatakan, saat ini dua figure yang ramai diperbincangkan itu memiliki peluang besar menjadi ketua DPRD Kota Kendari. Dua figur tersebut yakni Samsuddin Rahim dan Asrizal Pratama Putra.

Sementara itu Ketua Fraksi PKS, Subhan menyatakan, siapa pun nantinya yang menjadi ketua DPRD Kota Kendari pengganti Abdul Rasak. Maka sudah menjadi kewajiban seluruh anggota DPRD kota Kendari untuk mendukung, sebab DPRD Kota Kendari merupakan lembaga yang menganut sistem kolektif kolegial, dimana keputusan lembaga merupakan keputusan bersama seluruh anggota DPRD Kota Kendari.

Dari pernyataan beberapa anggota DPRD Kota Kendari ini, tentunya bisa disimpulkan dua nama Samsuddin Rahim dan Asrizal Pratama Putra memang menjadi kandidat paling kuat untuk menduduki kursi ketua DPRD Kota Kendari. Tetapi, untuk mengetahui akan berhenti dimana bola penentuan pengganti Abdul Rasak akan ditentukan dari Partai Amanat Nasional. ( A*)

 

Penulis : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com