Tampilan Desktop


Nilai UN Siswa Butur Ada yang di Bawah Standar
52 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Seluruh siswa peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan lulus seratus persen. Sebanyak 829 siswa SMA /Madrasah Aliyah Swasta (MAS) dan 118 siswa SMK telah menerima hasil pengumuman kelulusan mereka di sekolah masing-masing, Jumat (15/5/2015) pagi.

“Alhamdulillah semua peserta ujian lulus seratus persen,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Butur, La Ode Rais saat ditemui di kediamannya, Jumat (15/5/2015) malam.

Meskipun tingkat kelulusan di Butur mencapai 100 persen, akan tetapi ada beberapa siswa yang nilainya tidak memenuhi standar UN, yaitu 55. ” Saya belum bisa pastikan berapa orang yang tidak memenuhi standar nilai, hanya saja nilainya mereka ini dibawah dari 55,” pungkasnya.

Bagi yang nilainya dibawah 55, kata Rais, diwajibkan untuk mengikuti UN lagi tahun depan sesuai dengan standar operasional pelaksanaan UN. Bagi yang nilainya belum memenuhi standar, masih bisa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. 

“Catatannya itu tadi, harus mengulang lagi tahun depan,” terangnya.

Menurut Rais, adanya siswa yang tidak memenuhi standar nilai UN bukan suatu kemunduran bagi pendidikan di Butur. Kondisi itu sebetulnya hampir sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja tahun lalu nilai ujian sekolah dan nilai UN digabungkan sedangkan tahun ini nilai UN berdiri sendiri. 

Pasca pengumuman ini, siswa akan diberikan sertifikat hasil ujian nasional (SHUN) yang bisa digunakan sebagai syarat untuk mendaftar ke perguruan tinggi. 

Rais berharap para siswa yang telah dinyatakan lulus dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu bersaing dengan alumni dari daerah lain. (Darso)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com